kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

XL Axiata catatkan kenaikan trafik data 15% pada masa Lebaran tahun ini


Selasa, 18 Mei 2021 / 20:13 WIB
XL Axiata catatkan kenaikan trafik data 15% pada masa Lebaran tahun ini
ILUSTRASI. XL Axiata (EXCL) mencatatkan kenaikan trafik layanan data sebesar 15% dibanding hari biasa pada momentum Idul Fitri.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan kenaikan trafik layanan data sebesar 15% dibanding hari biasa pada momentum Idul Fitri 1442 H. Sementara dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, trafik data XL Axiata melonjak 35%.

Sebaliknya, trafik layanan telepon dan SMS pada masa Lebaran tahun ini justru turun. "Pasalnya pelanggan/masyarakat lebih banyak memanfaatkan layanan data," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih (Ayu) kepada Kontan.co.id, Selasa (18/5).

Dia mengatakan, selama periode Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik layanan didominasi oleh streaming platform yang mencapai 85% dan media sosial sebesar 8%. Pada layanan streaming, sejumlah aplikasi mencatatkan kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis permainan (game) yang rata-rata naik hingga 142%, Netflix 50%, YouTube 13%, dan Spotify 9%. 

Kemudian, pada layanan pesan singkat, trafik pemakaian WhatsApp meningkat 21%. Sementara itu, pada layanan media sosial, trafik Twitter meningkat 16%. Layanan lainnya juga mencatatkan kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 65% dan mesin pencarian naik 15%.

Baca Juga: Ada larangan mudik, XL Axiata mendeteksi, terjadi pergerakan pelanggan hingga 11%

Di samping itu, layanan video conference Zoom juga mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi. Akan tetapi, karena ada libur sekolah dan cuti karyawan, maka trafik pemakaiannya relatif stagnan cenderung menurun. Begitu juga dengan layanan peta atau penunjuk rute jalan, seperti Google Maps dan Waze yang tidak terlalu banyak diakses karena adanya kebijakan larangan mudik.

XL Axiata berharap, kenaikan trafik layanan selama Lebaran ini dapat turut mendukung pencapaian peningkatan pendapatan XL Axiata di kuartal 2-2021. "Meski tentu masih banyak tantangan yang harus dihadapi seiring dengan perkembangan kompetisi industri yang makin ketat," ucap Ayu.

Baca Juga: Trafik data XL Axiata meningkat 35% sepanjang Ramadan dan musim Lebaran 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×