kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.914   16,00   0,10%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Waskita Karya (WSKT) Targetkan Jual Tol Pemalang-Batang di Kuartal Pertama 2023


Jumat, 02 Desember 2022 / 16:27 WIB
Waskita Karya (WSKT) Targetkan Jual Tol Pemalang-Batang di Kuartal Pertama 2023
ILUSTRASI. Waskita Karya (WSKT) berupaya menargetkan pengurangan beban utang secara bertahap melalui divestasi tol.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) terus berupaya merestrukturisasi keuangan dan menargetkan pengurangan beban utang secara bertahap melalui divestasi tol. Terbaru, WSKT bakal melepas Tol Pemalang-Batang ke INA di kuartal pertama 2023.

Investor Relations Waskita Karya Albert mengatakan, WSKT bakal melepas kepemilikan tol atau yang disebut strategic partnership tol Pemalang-Batang sepanjang 39 km dengan kepemilikan 60%. Aksi korporasi ini ditargetkan rampung pada kuartal pertama 2023.

Adapun, pembelinya disebut-sebut adalah Indonesia Investment Authority (INA). "Di kuartal pertama 2023 kami akan melakukan strategic partnership ruas tol Pemalang-Batang dengan INA," ujarnya dalam diskusi virtual Samuel Sekuritas, Kamis (1/12).

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) Kantongi Pembayaran Termin Proyek Rp 11,2 Triliun Hingga Oktober

Dari penjualan Pemalang-Batang ini, WSKT bakal mendapatkan potensi penurunan utang hingga Rp 7,2 triliun. WSKT optimistis karena secara historis dapat melepas tol dengan angka 1,5 kali dari cost recovery.

Direktur Human Capital Manajemen dan Pengembangan Sistem WSKT Mursyid menambahkan, divestasi tol merupakan bagian dari upaya menurunkan utang sehingga beban yang ditanggung WSKT dapat turun secara bertahap. "Strategic partnership ini keuntungan bagi kami dari penurunan utang, sharing beban, sehingga beban bunga ditanggung Waskita menurun bertahap seiring divestasi hingga 2026," tutur dia.

Hingga 2026, Waskita menargetkan pelepasan lima ruas tol lagi dengan potensi dekonsolidasi utang senilai Rp 23 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×