kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street naik, Nasdaq cetak rekor didorong persetujuan penuh AS bagi vaksin Pfizer


Selasa, 24 Agustus 2021 / 05:40 WIB
Wall Street naik, Nasdaq cetak rekor didorong persetujuan penuh AS bagi vaksin Pfizer


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street reli pada perdagangan Senin (23/8), dengan Nasdaq berhasil mencatat penutupan tertinggi sepanjang masa karena sentimen persetujuan FDA terhadap vaksin Covid-19 dan pelaku pasar menantikan simposium Jacson Hole akhir pekan ini.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 215,63 poin atau 0,61% ke 35.335,71, S&P 500 naik 37,86 poin atau 0,85% ke 4.479,53 dan Nasdaq Composite naik 227,99 poin atau 1,55% ke 14.942,65.

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 8,63 miliar saham dengan rata-rata 9,15 miliar saham dalam 20 hari perdagangan terakhir.

Lonjakan harga minyak mentah, didorong oleh pertumbuhan permintaan membuat saham energi unggul.

"Ini telah menjadi naskah selama ini," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar Spartan Capital Securities seperti dikutip Reuters.

"Kami membuat rekor tertinggi baru, mundur, dan kemudian kami balapan lagi."

Baca Juga: Wall Street rebound disokong sektor energi, mengawali pekan fokus ke Jackson Hole

"Itu memberi tahu saya bahwa fundamentalnya sudah ada," tambah Cardillo. "Ada kekhawatiran di luar sana, tetapi sulit untuk menjaga pasar ini tetap rendah."

Food and Drug Administration (FDA) AS memberikan persetujuan penuh untuk vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer Inc dan BioNTech SE dalam sebuah langkah yang dapat mempercepat vaksinasi di Amerika Serikat.

"Persetujuan penuh berarti kemungkinan besar akan ada lebih banyak mandat, lebih banyak perusahaan akan mengamanatkan bahwa Anda harus mendapatkan vaksin untuk kembali ke kantor," kata Cardillo. 
"Saya tidak berpikir ini akan membuat semua yang ragu divaksinasi tetapi berita ini hari ini mungkin akan mendorong (tingkat vaksinasi) mendekati 75%."

Saham Pfizer dan BioNTech yang terdaftar di AS masing-masing naik 2,5% dan 9,6%.

Rivalnya, Moderna Inc naik 7,5%.

Meningkatnya infeksi Covid-19 yang disebabkan oleh varian Delta yang sangat menular telah memicu kekhawatiran atas pemulihan yang berlarut-larut dari krisis kesehatan global.

Data yang dirilis pada hari Senin melukiskan potret "Goldilocks" dari pemulihan ekonomi menuju ke arah yang benar, tetapi tidak cukup untuk menjamin perubahan dalam kebijakan moneter dovish Federal Reserve, yang membantu selera risiko investor.

Pelaku pasar melihat ke Simposium Jackson Hole, yang akan diadakan di Wyoming akhir pekan ini. Komentar Gubernur Fed Jerome Powell akan diuraikan dengan cermat untuk petunjuk mengenai garis waktu pengetatan kebijakan bank sentral.

Selanjutnya: Wall Street: Dow rebound lebih dari 200 poin tetapi berakhir turun untuk sepekan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×