kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Melemah Tajam, Inflasi Tinggi Meredupkan Harapan Penurunan Suku Bunga AS


Kamis, 11 April 2024 / 05:35 WIB
Wall Street Melemah Tajam, Inflasi Tinggi Meredupkan Harapan Penurunan Suku Bunga AS
ILUSTRASI. Wall Street jatuh ke penutupan yang lebih rendah pada hari Rabu (10/4).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street jatuh ke penutupan yang lebih rendah pada hari Rabu. Data inflasi Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi dari perkiraan meredam harapan bahwa Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga pada awal Juni.

Rabu (10/4), Dow Jones Industrial Average turun 422,16 poin atau 1,09% menjadi 38.461,51. Indeks S&P 500 melorot 49,27 poin atau 0,95% menjadi 5.160,64. Nasdaq Composite turun 136,28 poin atau 0,84% menjadi 16.170,36.

Ketiga indeks saham utama AS merosot tajam pada bel pembukaan setelah laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) Departemen Tenaga Kerja AS tidak mencapai konsensus. Hal ini menjadi pengingat bahwa jalan inflasi untuk kembali ke target 2% The Fed akan tetap panjang dan berliku.

"Data inflasi yang kaku menyebabkan mentalitas 'jual dulu, ajukan pertanyaan nanti'," kata Ryan Detrick, kepala strategi pasar di Carson Group di Omaha kepada Reuters.

"Kekecewaan itu menyebabkan penolakan tidak hanya pada potensi waktu penurunan suku bunga pertama, tetapi juga berapa banyak penurunan suku bunga yang akan kita dapatkan," imbuh Detrick.

Baca Juga: Wall Street Perkasa: Nasdaq dan S&P 500 Ditutup Menguat, Dow Turun Tipis

Risalah pertemuan kebijakan The Fed bulan Maret mencerminkan kekhawatiran bahwa kemajuan inflasi menuju target tersebut mungkin terhenti. Kebijakan moneter yang ketat mungkin perlu dipertahankan lebih lama dari yang diperkirakan.

“Baru seminggu yang lalu (Ketua Fed Jerome) Powell mengisyaratkan tiga pemotongan. Kita harus bertanya-tanya apakah pendapatnya telah berubah setelah data keras kepala yang terus kita lihat,” tambah Detrick.

Harga saham semakin tertekan oleh benchmark imbal hasil US Treasury, yang menembus 4,5% hingga menyentuh level tertinggi sejak November.

Saham-saham yang sensitif terhadap suku bunga adalah yang paling terkena dampaknya. Sektor real estate diperkirakan mengalami penurunan persentase terbesar dalam satu hari sejak Juni 2022.

Saham perumahan mencatat penurunan harian terbesar sejak 23 Januari. Indeks Russell 2000 mencatat penurunan satu hari paling tajam sejak 13 Februari.

“Apa pun yang terkait dengan suku bunga jelas terpukul hari ini, mulai dari real estat, perumahan, hingga saham-saham berkapitalisasi kecil,” kata Detrick.

Baca Juga: Wall Street Turun di Awal Perdagangan Selasa (9/4), Ini Sebabnya

Pasar keuangan kini telah memperhitungkan 16,5% kemungkinan penurunan suku bunga Fed sebesar 25 basis poin pada bulan Juni, turun dari 56,0% sesaat sebelum rilis laporan tersebut, menurut alat FedWatch CME.

Dari 11 sektor utama di S&P 500, semua sektor kecuali energi berakhir di zona merah, dengan saham real estat mengalami penurunan paling tajam.

Investor sekarang akan fokus pada laporan harga produsen pada hari Kamis untuk gambaran yang lebih jelas mengenai inflasi bulan Maret, dan dimulainya musim laporan pendapatan kuartal pertama secara tidak resmi. Pada hari Jumat, trio bank besar – JPMorgan Chase & Co, Citigroup Inc dan Wells Fargo & Co – dijadwalkan untuk mengumumkan hasil kinerjanya.

Analis memperkirakan pendapatan agregat S&P 500 pada kuartal pertama tumbuh 5,0% dari tahun lalu, menurut data LSEG. Angka tersebut lebih rendah dari pertumbuhan pendapatan tahunan sebesar 7,2% untuk perkiraan kuartal pada 1 Januari.

Sebagian besar saham dengan pertumbuhan megacap tergelincir kecuali Nvidia Inc, yang melawan tren tersebut dengan naik 2,0%.

Harga saham Alibaba yang terdaftar di AS menguat 2,2% setelah salah satu pendiri perusahaan, Jack Ma, merilis memo kepada karyawannya untuk menyatakan dukungan terhadap upaya restrukturisasi raksasa internet tersebut – sebuah langkah langka yang dilakukan miliarder yang menghabiskan beberapa tahun terakhir ini jauh dari sorotan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×