kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Melemah Setelah Data Inflasi AS Mengalahkan Prediksi


Kamis, 10 Februari 2022 / 21:49 WIB
Wall Street Melemah Setelah Data Inflasi AS Mengalahkan Prediksi


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street melemah di awal perdagangan Kamis (10/2). Pukul 21.35 WIB, Dow Jones Industrial Average turun 0,71% ke 35.518. Nasdaq Composite melemah 1,39% ke 14.284. Indeks S&P 500 turun 1,10%$ ke 4.536.

Data harga konsumen yang lebih kuat daripada perkiraan menimbulkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan bertindak agresif untuk melawan inflasi. Angka-angka dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan bahwa harga konsumen melonjak 7,5% yoy pada Januari, melampaui perkiraan ekonom sebesar 7,3%, dan mengarah ke peningkatan inflasi tahunan terbesar dalam 40 tahun.

Para trader sekarang bertaruh The Fed akan mulai menaikkan suku bunga pada pertemuan bulan Maret. Pasar uang menunjukkan peluang 50% dari kenaikan setengah poin bulan depan, dari 30% sebelum rilis data.

Baca Juga: IHSG Diramal Koreksi Lagi pada Jumat (10/2), Simak Pergerakan BSDE, MNCN, dan BBCA

"CPI datang sedikit di sisi yang tinggi, dan itu tidak menunjukkan inflasi memuncak dalam waktu dekat. Ini mungkin berarti The Fed bisa menjadi lebih agresif," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Spartan Capital Securities kepada Reuters.

Saham perbankan termasuk Wells Fargo, Bank of America dan Citigroup masing-masing naik lebih dari 1% dalam perdagangan premarket karena imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun mencapai 2% untuk pertama kalinya dalam 2,5 tahun.

Namun, saham pertumbuhan megacap seperti Apple Inc, Tesla Inc, pemilik Google Alphabet Inc, Microsoft Corp dan Amazon.com Inc yang cenderung dirugikan dari tingkat yang lebih tinggi turun antara 1,3% dan 2,7%.

Baca Juga: Rotasi Sektor Diekspektasikan Bisa Mengangkat Kinerja Reksadana Saham

Indeks Wall Street menguat dalam dua hari terakhir karena saham pertumbuhan yang sensitif terhadap tingkat rebound setelah awal yang sulit untuk tahun ini, sementara sejumlah pendapatan yang kuat juga mendukung sentimen.

"Pasar sangat konstruktif menjelang berita ini, terutama dengan Nasdaq menelusuri kembali sekitar setengah penurunannya dari posisi terendah Januari," kata Art Hogan, kepala strategi pasar. di Sekuritas Nasional.

Sementara itu, musim pendapatan terus mendukung, dengan 77,8% dari 316 perusahaan di S&P 500 yang melaporkan pendapatan hingga Rabu melampaui ekspektasi laba analis, menurut data Refinitiv. Harga saham Walt Disney Co melonjak 6,3% setelah mengalahkan perkiraan pendapatan dan laba, sementara Mattel Inc melonjak 7,5% setelah memperkirakan laba setahun penuh di atas perkiraan.

PepsiCo dan Coca-Cola masing-masing tergelincir lebih dari 1% setelah mengalahkan perkiraan analis untuk pendapatan kuartalan. Harga saham Uber Technologies Inc naik 4,6% setelah melaporkan laba operasi kuartalan kedua karena permintaan untuk layanan transportasi online mendekati tingkat pra-pandemi dan bisnis pengiriman makanannya menjadi menguntungkan. 

Baca Juga: IHSG Melemah 0,16% ke 6.823 Pada Kamis (10/2), Net Buy Asing Rp 1,73 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×