kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street dibuka menguat usai Partai Demokrat memegang kendali di Senat


Kamis, 07 Januari 2021 / 21:49 WIB
Wall Street dibuka menguat usai Partai Demokrat memegang kendali di Senat
ILUSTRASI. Wall Street langsung menguat saat bel pembukaan pada Kamis (7/1)


Sumber: CNBC,Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks utama Wall Street dibuka lebih tinggi pada perdagangan hari ini. Bahkan, dua dari tiga indeks utama yakni S&P 500 dan Dow Jones mendekati level rekor tertinggi sepanjang masa.

Kamis (7/1), indeks Dow Jones Industrial Average dibuka menguat 71,8 poin atau 0,23% ke 3.0901,18. Sementara indeks S&P 500 naik 16,6 poin atau 0,44% menjadi 3764,71 dan indeks Nasdaq Composite menguat 126,5 poin atau 0,99% ke 12867,34 pada bel pembukaan.

Sokongan bagi bursa saham Amerika Serikat (AS) ini datang karena investor menaruh harapan besar terhadap lebih banyak bantuan pandemi Covid-19 di bawah Kongres AS yang dikuasai Partai Demokrat. Terlebih di saat yang sama, terjadi peningkatan tingkat klaim pengangguran di Negeri Paman Sam tersebut.

Selain itu, Gedung Capitol yang berhasil diamankan sehingga Kongres dapat kembali berkumpul untuk melanjutkan proses kemenangan Presiden Terpilih AS Joe Biden turut membawa angin segar bagi pasar keuangan. 

Baca Juga: Pembatasan kegiatan selama 2 pekan, saham-saham ini jadi pilihan analis

Hal ini terjadi setelah sebelumnya para pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Gedung Capitol tepat ketika anggota parlemen memulai proses prosedural penghitungan suara Electoral College dan secara resmi menyatakan Biden sebagai pemenang.

Investor melihat, keberhasilan Biden melewati kekacauan di Washington, berdampak positif di pasar saham. 

“Seharusnya tidak ada misteri mengapa pasar tidak peduli tentang apa yang terjadi di Ibukota betapapun mengganggu, memalukan, dan memalukan,” kata Peter Boockvar, kepala investasi di Bleakley Advisory Group. 

“Itu karena tidak ada hubungannya dengan arah ekonomi, pendapatan, dan tingkat suku bunga. Sesederhana itu."

Sebaliknya, investor terus fokus pada kemungkinan untuk stimulus fiskal tambahan setelah partai Demokrat mendapatkan keunggulan tipis di Senat, dan memberinya kendali. 

Selanjutnya: Pantau Kongres Partai Buruh Korea Utara, AS kirim pesawat mata-mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×