kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Bergerak Mixed Menunggu Data PPI dan Risalah The Fed


Senin, 14 Februari 2022 / 21:55 WIB
Wall Street Bergerak Mixed Menunggu Data PPI dan Risalah The Fed
ILUSTRASI. Tekanan Wall Street sedikit mereda karena potensi penurunan tensi di Ukraina.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan Wall Street sedikit mereda karena potensi penurunan tensi di Ukraina. Tapi, pasar saham Amerika Serikat (AS) masih dibayangi prospek kenaikan suku bunga

Senin (14/2) pukul 21.50 WIB, Dow Jones Industrial Average tergerus 0,37% ke % ke 34.610. Nasdaq Composite justru menguat 0,55% ke 13.867. Sedangkan indeks S&P 500 melemah tipis 0,07% ke 4.415.

Tiga indeks utama saham AS dibuka lebih rendah di tengah kekhawatiran tentang suku bunga yang lebih tinggi. Sementara komentar dari pejabat Rusia meredakan kekhawatiran tentang kemungkinan invasi ke Ukraina.

Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard dalam sebuah wawancara dengan CNBC tetap pada seruannya untuk kenaikan suku bunga 100 basis poin pada bulan Juni. Dia mengatakan Federal Reserve perlu meyakinkan publik bahwa mereka akan mempertahankan target inflasi 2%.

Baca Juga: Ketegangan Rusia-Ukraina Menekan Mayoritas Bursa Asia pada Senin (14/2)

Para trader memperkirakan peluang 67% untuk kenaikan 50 basis poin di bulan Maret menyusul komentar Bullard. Prediksi ini naik dari 56% sebelumnya, menurut Fedwatch CME Group.

Saham-saham perbankan diperdagangkan beragam. Wells Fargo & Co naik 0,3%, sementara JP Morgan melemah 0,5%.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyarankan kepada Presiden Vladimir Putin bahwa Moskow melanjutkan jalur diplomatik dalam upayanya untuk mendapatkan jaminan keamanan dari Barat, saat ketegangan melonjak di Ukraina. Komentar ini tampaknya menandakan berkurangnya kemungkinan aksi militer Rusia yang akan segera terjadi setelah peringatan berulang-ulang dari AS bahwa Rusia dapat menyerang Ukraina kapan saja.

"Ini mengurangi beberapa kekhawatiran, mengingat pasar sedikit berharap bahwa mungkin masalah dengan Ukraina ini dapat diselesaikan secara diplomatis, dan itulah yang telah mengubah masa depan," kata Robert Pavlik, manajer portofolio senior di Dakota Wealth di Fairfield, Connecticut seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: IHSG Lunglai di Awal Pekan, Kenapa?

Indeks Volatilitas Pasar CBOE, juga dikenal sebagai pengukur ketakutan Wall Street, masih naik ke level tertinggi dalam hampir tiga minggu.

"Masih ada banyak minat untuk memiliki saham AS terutama karena harganya turun begitu banyak," kata Pavlik.

Indeks utama mengawali tahun 2022 dengan gejolak. Nasdaq yang berbasis teknologi turun 11,8% sejak awal tahun karena tekanan harga yang memburuk meningkatkan taruhan para pedagang untuk kenaikan suku bunga setengah poin pada pertemuan Fed Maret.

Perusahaan pertumbuhan megacap termasuk Meta Platforms Inc, Apple Inc, Microsoft Corp, Alphabet Inc dan Tesla Inc tergelincir antara 0,1% dan 0,7% pada praperdagangan.

Baca Juga: IHSG Turun, Begini Proyeksi Pergerakan Selasa (15/2)

Pelaku pasar sekarang menunggu data harga produsen (PPI) bulan Januari dan risalah dari pertemuan kebijakan moneter terbaru bank sentral AS akhir pekan ini.

"Apa pun yang mengkonfirmasi bahwa The Fed menaikkan suku bunga secara agresif seperti yang ditunjukkan oleh harga pasar saat ini dapat mendukung dolar AS, dan mungkin mengakibatkan penurunan lebih lanjut di pasar saham," kata Charalambos Pissouros, head of research JFD Group.

Sementara itu, musim pendapatan kuartal keempat berjalan lancar. Laba untuk perusahaan S&P 500 sekarang diperkirakan akan tumbuh 31% secara tahunan.

Harga saham Goodyear Tire & Rubber Co naik 3,3% setelah JP Morgan meningkatkan rating pabrikan ban ini menjadi overweight dari sebelumnya neutral.

Baca Juga: Index HiDiv20 Moncer, Ini Saham-Saham Pembagi Dividen yang Bisa Dicermati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×