kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Waktu terbaik investasi emas adalah saat memiliki dana untuk membeli


Senin, 24 Mei 2021 / 12:02 WIB
Waktu terbaik investasi emas adalah saat memiliki dana untuk membeli
ILUSTRASI. Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih untuk mengembangkan dana adalah emas. REUTERS/Ajay Verma/File Photo

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih untuk mengembangkan dana adalah emas. Terlebih akhir-akhir ini emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Misalnya harga emas Antam per Jumat (21/5/2021), mengalami kenaikan Rp 10.000 menjadi Rp 957.000 per gram, yang sebelumnya bertengger Rp 947.000 per gram per hari Kamis (20/5/2021). 

Namun kenaikan harga emas tidak dapat dipastikan berlangsung sampai kapan karena banyak faktor yang mempengaruhinya. 

Lalu bagi yang hendak ingin berinvestasi emas, tentunya bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk berinvestasi emas. Apakah ketika harga emas sedang naik atau turun? 

Baca Juga: Naik lagi, simak daftar lengkap harga emas Antam untuk siang hari ini (22/5)

Co-Founder dan CMO IndoGold Indra Sjuriah mengatakan, bagi yang ingin memulai investasi emas, waktu terbaik adalah saat ketika memiliki dana untuk membeli. 

"Jadi, tidak perlu menunggu momentum saat harga emas naik atau turun, sebab harga emas membutuhkan jangka waktu yang panjang agar naik secara signifikan. Oleh karena itu, ketika berinvestasi emas disarankan minimal selama 5 tahun atau setidaknya 10 tahun," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/5/2021). 

Namun menurut dia, bagi investor yang memiliki rentang waktu di bawah 5 tahun, dapat melihat titik tertinggi dan terendah harga selama 2 tahun terakhir. 

Baca Juga: Harga emas Antam hari ini tetap di Rp 958.000 per gram pada Minggu (23/5)

Bila harga emas mendekati titik terendah atau di titik tengah, maka dapat membeli emas. Indra menyebutkan, sebagai alat investasi jangka panjang, ada baiknya menabung emas secara rutin setiap bulannya. 

Sehingga meskipun harga emas mengalami fluktuasi, dengan menabung secara rutin bisa diperoleh hasil yang maksimal dan stabil. 

"Terlebih lagi, investasi emas sudah merambah online, sehingga dapat menabung dengan modal yang minim yang kemudian dapat disesuaikan dengan kemampuan," ungkapnya. 

Baca Juga: Harga emas spot melemah tipis ke US$ 1.876 per ons troi usai rebound dolar AS

Kelebihan investasi emas secara online sebut dia, yakni praktis, relatif aman dan terhindar dari risiko kehilangan ketika menyimpan emas fisik sendiri. Namun pada saat ingin membeli emas secara online, harus dipastikan platform digital yang dipilih haruslah lembaga keuangan yang telah mendapat izin dari regulator yakni OJK. 

"Dalam berinvestasi emas, perlu juga menetapkan tujuan investasi terlebih dahulu sehingga memberikan motivasi dan arah jelas untuk mencapainya," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Waktu Tepat untuk Investasi Emas?"
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Erlangga Djumena

 

Selanjutnya: Harga emas melayang mendekati level tertinggi 4 bulan, dolar dan US Treasury redup

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×