kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

UNTR perkenalkan dua bus Scania


Jumat, 19 Juli 2013 / 21:31 WIB
UNTR perkenalkan dua bus Scania
ILUSTRASI. Ilustrasi pertanahan. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR), emiten alat berat sedang fokus menggeluti bisnis barunya yang sudah memasuki tahun kedua yaitu, bus premium.

Roy Hamonangan, Department Head Strategic Marketing Scania Truck Operation Division UNTR, mengatakan, perseroan yang kini menjadi pemegang merek Scania mengenalkan dua bus premium, yaitu Scania K360B dan K310B yang akan ditawarkan ke sejumlah Perusahaan Otobus (PO).

Untuk memuluskan bisnisnya itu, perseroan harus mengimpor sasis bus mewah itu dari Swedia, sedangkan perakitannya dilakukan di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, untuk memboyong sasis bus mewah tersebut United Tractors harus merogoh kocek hingga Rp 1 miliar.

"Dua tipe itu sama-sama dibeli dengan harga kurang lebih Rp 1 miliar. Tapi kami hanya beli sasis, sementara perakitannya di bengkel UNTR atau CKD (Completely Knocked-down)," kata Roy.

Alasan UNTR memboyong merakit bus mewah itu karena perseroan melihat potensi dari bisnis pariwisata Indonesia yang semakin maju. Jumlah penduduk yang semakin banyak tiap tahun menjadi pasar tersendiri untuk bisnis perjalanan wisata.

"Jika selama ini masyarakat naik pesawat yang full service, sekarang mereka juga bisa menikmati layanan serupa di dalam bus premium. Itulah mengapa sejumlah Perusahaan Otobus (PO) berbondong-bondong ingin membeli bus premium tersebut," katanya.

Bus premium yang diketahui memiliki suspensi elektronik itu juga diketahui menarik minat 15 PO Bus di Indonesia. Salah satunya yang sudah mengoperasikan K360B yaitu PO Bus San Putra Sejahtera asal Bandung, Jawa Barat.

Namun, Roy enggan menyebutkan besaran harga yang harus dikeluarkan PO Bus untuk satu unitnya. Roy Setiyawan, Investor Relation UNTR, menuturkan, saat ini perseroan sudah menawarkan bus tersebut kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kabarnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah mulai tertarik untuk membeli bus tersebut. "Pak Ahok sepertinya tertarik, dan sepertinya ingin digunakan untuk TransJakarta," katanya.

Lalu apa yang membedakan bus tersebut dengan bus lainnya? Salah satu klaim kelebihan Scania K360 IB adalah bagasi yang lebih luas, sebab sasis bus mewah itu berjenis spaceframe, yang lebih pendek tetapi menyediakan sela lebih luas di bagian bawah.

Dengan kapasitas mesin 13.000 cc dan 360 tenaga kuda itu, juga lebih aman karena dilengkapi dengan sistem pengereman yang lengkap yaitu ABS (anti-lock braking system), EBS (electronic braking system), serta retarder yang membuat bus lebih mudah dikendalikan meski dalam kecepatan tinggi.

Sementara fitur hill hold membuat pengemudi lebih mudah menahan kendaraan di tanjakan. Selain itu, agar lebih nyaman, Scania K360 IB dilengkapi dengan suspensi udara yang dikendalikan secara elektronik (ELC), sehingga memudahkan penumpang ketika ingin naik atau turun dari kendaraan.

United Tractors selaku pemegang merek Scania menargetkan sekitar 50 unit bus terjual tiap tahun. (Sanusi/Tribunnews)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×