kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UNTR akan suntik US$ 200 juta proyek PLTU Jepara


Jumat, 05 Agustus 2016 / 07:54 WIB
UNTR akan suntik US$ 200 juta proyek PLTU Jepara


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR) masih bernegosiasi dengan para kreditur terkait pendanaan proyek pembangkit listrik di Jepara, Jawa Tengah. Proses financial closing ditargetkan tuntas dalam waktu dekat ini.

Setelah itu, UNTR akan menyuntik ekuitas US$ 200 juta untuk proyek tersebut. Anak usaha Grup Astra ini menggarap proyek tersebut bersama dua mitranya, Sumitomo Corporation dan Kansai Elektric Power Co Inc.

Konsorsium itu memperluas proyek pembangkit listrik Tanjung Jati B Unit 5 dan Unit 6 di Jepara dengan total kapasitas 2x1.000 megawatt (MW). Nilai investasi proyek itu mencapai US$ 4 miliar.

Di konsorsium ini, UNTR hanya memiliki 25% saham. Sementara mayoritas saham dikuasai Sumitomo sebesar 50%, dan 25% dimiliki Kansai.

Direktur UNTR, Iwan Hadiantoro, mengatakan, sebesar 80% pendanaan proyek itu atau sekitar US$ 3,2 miliar akan berasal dari pinjaman sindikasi perbankan.

Ada dua lembaga keuangan yang akan mendanai proyek tersebut, yakni The Japan Bank for International Cooperation (JBIC) dan sindikasi tujuh perbankan. Sementara 20% atau sekitar US$ 800 juta akan berasal dari ekuitas masing-masing pihak.

"Sehingga, kami segera menyuntik dana hingga sekitar US$ 200 juta untuk proyek itu. Setelah pendanaan selesai, akan langsung proses konstruksi," ujar dia, Kamis (4/8). Perusahaan memiliki dana kas memadai untuk menyuntik modal di proyek tersebut.

Gidion Hasan, Direktur Utama UNTR, mengatakan, perseroan juga sudah mendirikan perusahaan investasi di Singapura untuk mempermudah pendanaan ekspansi. Perusahaan yang diberi nama Unitra Power Pte Ltd dibentuk untuk ekspansi dan diversifikasi seluruh kegiatan usaha grup.

Akhir tahun lalu, UNTR sudah mendirikan PT Unitra Persada Energia (UPE) untuk mencari peluang di sektor energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×