kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

United Tractors (UNTR) Merambah Bisnis Tambang Nikel


Sabtu, 10 Desember 2022 / 17:12 WIB
United Tractors (UNTR) Merambah Bisnis Tambang Nikel
ILUSTRASI. PT United Tractors Tbk (UNTR) melalui anak usahanya mengambil alih perusahaan tambang nikel. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/11/03/2015


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR) resmi merambah bisnis tambang nikel. Melalui perusahaan terkendalinya yakni PT Danusa Tambang Nusantara (DTN), UNTR mengambil alih dua perusahaan nikel, yakni PT Stargate Pacific Resources dan PT Stargate Mineral Asia.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Selasa (6/12), Sekretaris Perusahaan PT United Tractors Tbk Sara K. Loebis menyebut, Danusa Tambang Nusantara telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat atau conditional shares sale and purchase agreement (CSPA) dengan PT Anugerah Surya Pacific Resources  dan PT Anugerah Surya Investama untuk pembelian saham.

Pembelian yang dimaksud yakni 89,99% dari total seluruh saham yang ditempatkan dalam Stargate Pacific Resources milik dari PT Anugerah Surya Pacific Resources   dan 0,0009% dari total seluruh saham yang ditempatkan dalam Stargate Pacific Resources milik dari Anugerah Surya Investama.

Baca Juga: Simak Target Kinerja Operasional United Tractors (UNTR) di Tahun 2023

Kemudian, conditional shares sale and purchase agreement (CSPA) dengan PT Anugerah Surya Pacific Resources  dan Stargate Pacific Resources untuk rencana pembelian saham setara dengan 89% dari total seluruh saham yang ditempatkan dan disetor dalam Stargate Mineral Asia milik dari Anugerah Surya Pacific Resources. 
Serta 1% dari total seluruh saham yang ditempatkan dan disetor dalam Stargate Mineral Asia milik dari Stargate Pacific Resources.

Nilai keseluruhan atas transaksi adalah US$ 271,82 juta atau setara dengan Rp 4,27 triliun. Nilai keseluruhan atas transaksi dapat berubah pada saat penutupan transaksi dikarenakan sejumlah faktor, seperti jumlah penyesuaian net debt dan debt-like items, jumlah penyesuaian modal kerja, dan penyesuaian kurs.

“Tujuan transaksi adalah untuk melakukan diversifikasi kegiatan usaha United Tractors melalui perusahaan terkendali, yakni Danusa Tambang, dengan mengembangkan usaha di sektor mineral nikel,” kata Sara.  

 

Setelah penandatanganan conditional shares sale and purchase agreement (CSPA), baik Danusa Tambang, Anugerah Surya Pacific Resources, dan Stargate Pacific Resources akan melakukan pemenuhan persyaratan pendahuluan (condition precedents) dengan tanggal akhir penyelesaian akan jatuh pada suatu tanggal yang merupakan empat bulan setelah penandatanganan CSPA atau waktu lain yang disepakati oleh pihak-pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×