Reporter: Rashif Usman | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencatatkan kinerja penjualan dan laba bersih yang kurang menggembirakan di sepanjang kuartal I-2025.
Melansir keterbukaan informasi, Kamis (24/4), laba bersih UNVR tercatat Rp 1,23 triliun di kuartal I-2025. Perolehan ini menurun 14,6% bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,44 triliun.
Sementara, penjualan UNVR menjadi Rp 9,46 triliun pada kuartal I-2024, turun 6,09% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 10,07 triliun.
Secara rinci, penjualan yang berasal dari segmen dalam negeri tercatat mencapai Rp 9,14 triliun di periode tiga bulan pertama tahun ini, menurun dari posisi yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 9,79 triliun. Sementara segmen ekspor tercatat Rp 322 miliar, meningkat dari posisi Rp 286,45 miliar.
Baca Juga: UNVR Bangkit, Investor Institusi Kembali Borong Saham Unilever Indonesia
Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) Benjie Yap, menyampaikan meskipun kinerja kuartal pertama 2025 masih menunjukkan penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, UNVR berhasil mencatatkan pertumbuhan positif secara kuartalan, baik dari sisi penjualan maupun profitabilitas.
Benjie menjelaskan bahwa penjualan UNVR pada kuartal I-2025 meningkat sebesar 22,6% dibandingkan kuartal IV-2024. Sementara itu, laba bersih perusahaan melonjak tajam hingga 244,7% dibandingkan periode kuartal sebelumnya.
"Kinerja ini mencerminkan hasil dari inisiatif tegas dan tepat sasaran yang dilakukan perseroan untuk mengatasi tantangan operasional," kata Benjie dalam paparan konferensi pers paparan kinerja kuartal I-2025, Kamis (24/4).
Benjie bilang pihaknya telah membuat kemajuan dalam mengurangi stok pelanggan, menstabilkan harga pada kanal penjualan dan meningkatkan profitabilitas mitra distributor, serta memberikan tingkat layanan pelanggan yang lebih baik. Menurutnya, kemajuan ini memberikan fondasi yang kokoh untuk mendorong pertumbuhan di masa depan.
Benjie juga menerangkan ada tiga strategi perusahaan dalam membangun merek dan portofolio yang lebih kuat.
Pertama, perusahaan terus mendorong pertumbuhan di berbagai kategori dengan memperkuat kekuatan merek dan memperluas portofolio produk. Pada kuartal pertama, perusahaan melakukan relaunch terhadap beberapa merek inti seperti Clear, Sunlight, dan Royco dengan menerapkan pendekatan baru dalam strategi 6P yakni, product, price, place, promotion, preposition dan pack.
Kedua, menjangkau semua segmen konsumen. Dalam rangka memperluas jangkauan portofolio ke seluruh segmen pasar, perusahaan juga menghadirkan berbagai inovasi produk. Di segmen bawah (value segment), UNVR memperkokoh posisi dengan menghadirkan Rinso dalam kemasan baru seharga Rp 500.
Baca Juga: Unilever (UNVR) Cetak Yield Dividen Tertinggi, Kembali Masuk IDXHIDIV20
Selain itu, Glow & Lovely DermaGlow Multivitamin Cream kini tersedia dalam ukuran yang lebih kecil dengan teknologi pencerah kulit terbaru, yang menawarkan peningkatan efektivitas hingga 40 kali. Di segmen premium, peluncuran produk baru meliputi Dove Pro-Ceramide Serum Body Wash, LUX Peaceful Galaxy dan Close up White Now.
Ketiga, mengoptimalkan momentum strategis. UNVR memanfaatkan momen hari raya sebagai peluang penting untuk menarik pengguna baru sekaligus mendorong peningkatan konsumsi.
Fokus Perusahaan di Tahun 2025
Pada tahun 2025, prioritas utama perusahaan adalah memperkuat keunggulan merek-merek inti melalui investasi berkelanjutan, peningkatan alokasi untuk belanja digital, perluasan distribusi, serta peningkatan cakupan dan kualitas toko. Selain itu, UNVR akan memperkuat eksekusi di pasar dengan pendekatan yang lebih disiplin.
"Kami juga tetap berkomitmen untuk menjalankan program efisiensi biaya secara menyeluruh guna menjaga marjin laba kotor. Kami meyakini bahwa langkah-langkah strategis ini akan membentuk fondasi yang lebih kokoh untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, kompetitif, menguntungkan, dan bertanggung jawab," tutup Benjie.
Selanjutnya: Kemendag Catat Nilai Impor Indonesia Capai US$ 18,92 Miliar pada Maret 2025
Menarik Dibaca: Ramalan Zodiak Capricorn di Tahun 2025 Seputar Keuangan dan Karier
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News