kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UBS: EUR/GBP akan tembus nilai pari jika ada Brexit


Jumat, 27 Mei 2016 / 19:35 WIB
UBS: EUR/GBP akan tembus nilai pari jika ada Brexit


Sumber: CNBC | Editor: Mesti Sinaga

Mata uang utama dunia akan mengalami gejolak besar jika pada 23 Juni mendatang warga Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa.

Bahkan, menurut  Ramin Nakisa, Global Macro Strategist UBS, langkah Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) juga akan memukul pertumbuhan ekonomi.

Nakisa memperkirakan, dalam jangka panjang Brexit  bisa memangkas 2% gross domestic product  (GDP) Inggris. “Namun, dampak terbesarnya memang pada nilai tukar mata uang, bisa dikatakan jika Brexit terjadi maka nilai tukar euro terhadap poundsterling  (EUR/GBP)  akan mencapai nilai pari,” ujar Nakisa kepada CNBC, Jumat (27/5/2016). Nilai pari pada dua mata uang berarti kedua mata uang memiliki tukar  yang sama. 

Dia menambahkan, euro dan pertumbuhan ekonomi Eropa pun akan terkena dampak Brexit. Euro-Sterling diperdagangkan pada harga 0,7636 pada Jumat pagi. Tahun ini, euro melemah secara perlahan terhadap mata uang Inggris akibat kekhawatiran terjadinya Brexit.

Mike Amey, Managing Director and Portfolio Manager Pimco, kepada CNBC Jumat (27/5/2016) juga menyatakan  euro berada dalam tekanan akibat ketidakpastian Brexit.

Pimco memperkirakan, poundsterling akan terdevaluasi alias melemah 10% terhadap dollar Amerika Serikat (AS) jika Inggris memilih keluar dari Uni Eropa.

Amey menyatakan,  Pimpo memperkirakan saat ini kemungkinan Inggris memilih keluar dari Uni Eropa mencapai 40%.  

Sementara itu,  Nakisa menilai risiko terbesar Brexit adalah, “Negatifnya neraca transaksi berjalan… jika selama ini Anda bergantung pada orang lain untuk berinvestasi di negara Anda dan membeli obligasi, maka ada risiko semua itu akan terhenti secara mendadak.”

“Orang-orang akan berhenti berinvestasi dan kemudian stabilisasi akan datang melalui mata uang, sehingga sterling akan mengalami devaluasi 30%  secara tertimbang,” imbuh Nakisa.  

Nakisa menyampaikan perkiraan ini pada hari yang sama di mana Perdana Menteri Inggris David Cameron menghadiri KTT G-7 dan mengatakan bahwa Inggris harus ”mendengarkan teman-temannya.”  

Sebelumnya para pemimpin dunia yang hadir dalam KTT G-7 di Jepang tersebut menyatakan Brexit akan membawa sebuah dampak yang serius bagi pertumbuhan  ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×