kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren IHSG menguat, tetap waspadai koreksi


Rabu, 11 April 2018 / 21:03 WIB
Tren IHSG menguat, tetap waspadai koreksi
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup menguat pada Rabu (11/4). Ini mengkonfirmasi penguatan selama tiga hari berturut-turut sejak ditutup melemah akhir pekan lalu.

Analis Paramitra Alfa Sekuritas, William Siregar mengatakan, pelaku pasar sudah kebal terkait isu-isu global yang sepanjang pekan lalu melemahkan IHSG, karena kekhawatiran perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS). Selama ini memang tekanan kepada pasar cukup kuat dan menyebabkan IHSG sudah berada di area bawah.

"Market sudah berada di titik jenuh terhadap trade war, sehingga apapun yang berkaitan dengan trade war sudah kedaluwarsa dan pelaku pasar cenderung berani masuk," ujar William, Rabu (11/4).

Namun, ia mengingatkan, optimisme ini belum terlalu solid, karena pelaku pasar di Indonesia tetap memiliki kecenderungan dipengaruhi oleh faktor eksternal. Jadi, jika ada berita aneh-aneh dari luar, maka ada kemungkinan IHSG kembali terkoreksi.

Menurut William, untuk perdagangan Kamis, IHSG memang memiliki peluang menguat. Meski demikian, katanya, selalu saja ada hal-hal tak terduga yang tiba-tiba membuat IHSG kembali koreksi. "Kita tidak tahu apa yang bakal terjadi, seiring dengan dibukanya Wall Street Rabu malam," tuturnya.

Sedangkan, analis Artha Sekuritas Indonesia, Juan Oktavianus Harahap menilai, IHSG berada dalam tren penguatan saat ini, lantaran kabar dari eksternal terutama China yang mengurangi beberapa tarif dan akan melepas kepemilikan atas surat utang pemerintah AS.

Faktor yang terakhir ini memegang peranan penting, karena ada harapan uang dari China akan mengalir ke emerging market. Ia melihat, perdagangan di BEI juga sudah membukukan volume transaksi yang cukup solid.

Namun, Juan memprediksi akan ada koreksi sehat pada sesi perdagangan Kamis (12/4). Pasalnya, dilihat dari sisi teknikal, IHSG sudah menguji MA 100 di level 6.323. Yang dimaksud koreksi sehat adalah koreksi yang tidak terlalu dalam dan ada kemungkinan untuk rebound ketika menyentuh support.

William memprediksi, IHSG bisa menguat dengan level support 6.339 dan resistance 6.380. Sementara, Juan memprediksi support berada di level 6.323 dan resistance di level 6.432.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×