kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transkon Jaya (TRJA) Lakukan Pemisahan Segmen Usaha dan Dirikan 2 Entitas Anak


Sabtu, 22 Januari 2022 / 09:30 WIB
Transkon Jaya (TRJA) Lakukan Pemisahan Segmen Usaha dan Dirikan 2 Entitas Anak
ILUSTRASI. Armada kendaraan yang siap disewakan oleh PT Transkon Jaya Tbk (TRJA).


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) semakin menunjukkan keseriusan dalam melakukan ekspansi bisnis. Hal ini terlihat setelah perusahaan dengan melakukan perubahan kegiatan usaha, pemisahan segmen usaha, dan pendirian entitas anak.

Alexander Syauta, Corporate Secretary Transkon Jaya mengatakan, rencana tersebut dilakukan dalam rangka melanjutkan strategi pengembangan usaha perseroan melalui diversifikasi, digitalisasi, dan ekspansi yang diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja perseroan secara keseluruhan.

"Termasuk entitas anak perseroan agar memiliki daya saing dan keunggulan bisnis sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan menciptakan kepuasan bagi kustomer dan mewujudkan keberlanjutan bisnis perseroan yang menguntungkan bagi seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan," kata Alex dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (22/1).

Dengan melakukan penambahan kegiatan usaha perseroan yang terdiri dari beberapa plan diantaranya aktivitas perusahaan holding, dan outsourcing (alih daya), Transkon Jaya berencana untuk menjadi holding company atau perusahaan induk bagi entitas anak yang didirikannya. Hal ini guna mendukung pencapaian tujuan konglomerasi dan perluasan kegiatan usaha perseroan.

Baca Juga: Antisipasi permintaan, Transkon Jaya (TRJA) siapkan 100 unit armada untuk persediaan

Sementara itu, Divisi Internet Service Provider (PACNET) yang merupakan segmen usaha dari Transkon Jaya, yang didirikan pada tahun 2011, akan dipisahkan kepada entitas anak perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 90% yang dimiliki oleh perseroan.

Hal tersebut bertujuan untuk lebih mengembangkan bisnis internet service provider agar dapat dikelola menjadi lebih solid dan independen. Selain itu, mengintegrasikan operasi bisnis internet service provider agar menjadi lebih tajam, fokus dan tidak menjadi divisi-divisi yang terpisah, serta memunculkan kemandirian risiko, dimana Transkon Jaya melalui entitas anaknya akan dapat terhindar dari segala risiko seperti tuntutan atau gugatan hukum maupun kegagalan bisnis.

Transkon Jaya juga berencana untuk mendirikan dua entitas anak, yakni entitas anak dengan kegiatan usaha utama dalam bidang outsourcing yang akan menyokong tenaga kerja khususnya pengemudi kepada kustomer.

Bisnis ini akan segera dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan dalam RUPS.

 

"Entitas anak hasil pemisahan dengan kegiatan usaha utama yang bergerak dalam bidang Internet Service provider segera setelah disetujuinya penambahan kegiatan usaha perseroan yakni aktivitas perusahaan holding dan outsourcing melalui RUPS," papar Alex.

Ekspansi Transkon Jaya dalam hal pemisahan segmen usaha dan pendirian entitas anak ini mencerminkan pertumbuhan perseroan untuk dapat bersaing di tengah dunia bisnis yang kompetitif, serta keseriusan perseroan dalam merealisasikan setiap rencana dan strategi yang dirancang untuk pertumbuhan bisnis dan peningkatan daya saing perseroan dengan membangun sumber daya yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×