kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TLKM targetkan kuasai emiten menara tahun depan


Rabu, 17 September 2014 / 17:17 WIB
TLKM targetkan kuasai emiten menara tahun depan
ILUSTRASI. Gejolak di sektor keuangan global rentan memicu volatilitas di pasar modal pada kuartal II 2023.


Reporter: Amailia Putri Hasniawati | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Transaksi tukar saham yang dilakukan antara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan salah satu emiten menara ditargetkan kelar kuartal I-2015. Nampaknya, BUMN halo-halo ini telah mengerucutkan pilihan kepada salah satu emiten menara.

"Agar menjadi pemain terbesar di industri menara, kami ingin memiliki saham perusahaan menara terbesar di Indonesia," ujar Honesti Basyir, Direktur Keuangan TLKM, Rabu (15/9). 

Sebelumnya, perseron telah mengumumkan ada dua perusahaan menara yang menjadi pilihan. Kedua perusahaan itu adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Ketika dikonfirmasi apakah perusahaan yang dimaksud adalah TBIG, Honesti enggan mengatakan secara eksplisit. 

"Ya, kalian paham lah itu (siapa)," kata dia. 

Mengutip laporan keuangan TBIG per Juni 2014, total aset anak usaha Grup Saratoga ini mencapai Rp 20,96 triliun. Sementara aset Protelindo sebelum eliminasi sekitar Rp 8,45 triliun. Adapun, aset TOWR sendiri berkisar Rp 17,39 triliun. 

Seperti diketahui, TLKM berniat melepas 49% saham PT  Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Saham Mitratel ini akan ditukar dengan saham salah satu perusahaan menara itu. Kemudian, TLKM akan memindahkan sejumlah tower milik Telkomsel ke Mitratel. Hal ini dilakukan agar aset Mitratel menggemuk.

Jumlah tower Mitratel sekitar 3.500 unit. Sedangkan, jumlah menara Telkomsel mencapai 14.000 unit. Belum dapat diketahui berapa total menara yang akan di unlock. Namun, sebelumnya, Indra Utoyo, Direktur IT, Solution & Strategic Portofolio TLKM bilang, pelepasan (unlock) menara ini akan dilakukan secara bertahap. 

Honesti mengaku, valuasi belum ditentukan. Namun, harga di pasar akan menjadi acuan dari penetapan valuasi.  Mengutip laporan keuangan TLKM, aset sebelum elliminasi Mitratel per Juni 2014 sekitar Rp 8,45 triliun. 

Asal tahu saja, proses penyelesaian kemitraan di sektor menara ini alot lantaran aksi ini melibatkan Telkomsel. Sementara, 35% saham Telkomsel dikempit Singapore Telecomunications Limited (SingTel). Dengan adanya pemindahan aset menara di Telkomsel berpotensi membuat aset dan kinerja anak usaha TLKM ini menyusut. 

Manajemen TLKM belum mau membeberkan mengenai struktur transaksi lebih terperinci. "Belum tahu apakah akan anak usaha baru, ini masih dibahas," pungkas Honesti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×