kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,18   12,88   1.42%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TINS batal bangun smelter di Myanmar


Jumat, 19 Desember 2014 / 09:39 WIB
TINS batal bangun smelter di Myanmar


Reporter: Veri Nurhansyah Tragistina | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Setelah ditunda setahun, PT Timah Tbk (TINS) memutuskan mengurungkan niat membangun unit pemurnian dan peleburan (smelter) timah di Myanmar.

Setelah melakukan studi kelayakan dan penelaahan mendalam, emiten pelat merah ini tak kunjung mendapatkan lokasi ideal untuk membangun smelter di Myanmar. "Kami berkesimpulan, membangun smelter greenfield di Myanmar sulit terealisasi karena lokasi yang tak ideal dan situasi keamanan di sana kurang kondusif," ungkap Agung Nugroho, Sekretaris Perusahaan TINS kepada KONTAN, Kamis (18/12).

Semula, pembangunan smelter di Myanmar merupakan kelanjutan ekspansi TINS di negara itu. Untuk memuluskan ekspansi di sana, TINS sudah mendirikan dua anak usaha baru, yakni PT Timah Myanmar Mining dan PT Timah Myanmar.

Melalui dua anak usaha ini, TINS sudah mendapatkan izin usaha pertambangan (IUP) atas konsesi lahan timah seluas 10.000 hektare (ha) di Pubyien-Tamok, Tanihary, Myanmar. Pemerintah Myanmar bahkan menjanjikan memberikan tambahan konsesi 180.000 ha, jika eksplorasi di Tanihary berhasil.

Eksplorasi belum terwujud lantaran TINS belum mendapat seluruh izin. "Kami baru mendapat izin prinsip dan ada beberapa izin yang belum kami dapat. Ternyata, pengurusan izin lebih rumit dari perkiraan," ujar Agung.

Sejatinya perseroan tak sepenuhnya  membatalkan sepenuhnya rencana ekspansi di Myanmar. Namun, TINS akan mengajukan lokasi baru yang potensial dijadikan tempat penambangan timah.

TINS juga membuka kemungkinan mengoperasikan smelter di sana. "Bukan membangun greenfield tapi cara lain, semisal membeli smelter yang sudah ada," jelas Agung. Usaha melebarkan sayap ke Myanmar merupakan salah satu agenda ekspansi TINS sejak tahun 2013.

Proyek lain yang sedang digarap TINS adalah pembangunan pabrik pengolahan mineral tanah jarang atau rare earth berkapasitas 50 kilogram per hari. TINS sudah memulai  konstruksi dan berharap mengoperasikan pada kuartal I-2015.

Nilai investasi pembangunan pabrik rare earth di Kawasan Industri Tanjung Ular, Bangka Belitung, itu sekitar Rp 20 miliar. Harga saham TINS kemarin tak bergerak di Rp 1.190 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×