kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,23   -6,84   -0.72%
  • EMAS1.040.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Tawarkan Saham Perdana di BEI, Venteny Fortuna (VTNY) Catat Oversubscribe 12,58 kali


Kamis, 15 Desember 2022 / 12:31 WIB
Tawarkan Saham Perdana di BEI, Venteny Fortuna (VTNY) Catat Oversubscribe 12,58 kali
Direksi?PT?Venteny Fortuna International Tbk (VTNY) memaparkan hasil IPO, Kamis (15/12/2022)..


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Venteny Fortuna International Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Kamis (15/12). Emiten dengan kode saham VTNY ini menjadi perusahaan ke-59 yang melantai di BEI sepanjang tahun 2022

Dalam gelaran initial public offering (IPO), VTNY menawarkan 939,77 juta lembar saham, dan berhasil menghimpun dana sebesar Rp 338,32 miliar.

Founder dan CEO Venteny Fortuna International Jun Waide mengatakan, saham VTNY mengalami kelebihan permintaan alias oversubscribed hingga 12,58 kali dari pooling (penjatahan terpusat) berdasarkan data dari sistem E-IPO. 

Baca Juga: Saham Venteny Fortuna International (VTNY) Fluktuatif Pada Perdagangan Perdana

“Ini menunjukkan antusiasme investor terhadap Venteny,” kata Jun dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis (15/12).

Adapun investor yang membeli saham VTNY tersebar dari 34 provinsi di Indonesia dan 6 negara. Sementara itu, jumlah pemesan saham VTNY mencapai 18.847 pemesan.

Asal tahu saja, sekitar 42% dana initial public offering bakal digunakan sebagai pemberian pinjaman kepada entitas anak perseroan, PT Venteny Matahari Indonesia sebagai modal kerja. 
Detailnya, Venteny Matahari Indonesia akan mendapatkan fasilitas pinjaman maksimal Rp 177,61 miliar dengan jangka waktu satu tahun dan dapat diperpanjang. Tingkat bunga sekitar 10%–18% per tahun.

Kalau pinjaman tersebut sudah dikembalikan, sekitar 30% akan dipakai VTNY untuk pengembangan bisnis, pengembangan produk, dan ekspansi geografis terutama di luar Pulau Jawa. 

Baca Juga: Venteny Fortuna International (VTNY) Mau IPO, Simak Prospeknya

Kemudian sisanya, akan digunakan untuk modal kerja terutama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemasaran serta pengembangan merk.

Jun menjabarkan, VTNY memiliki operasional di Filipina sejak tahun 2015, Singapura sejak tahun 2016, dan Indonesia sejak tahun 2019. Indonesia sebagai pijakan untuk melakukan aksi korporasi IPO dengan menimbang potensi besar di pasar dalam negeri. 

“Kami melihat skala pasar yang besar dan potensial di Indonesia, serta potensi pertumbuhan pasar modal nasional yang kuat dengan jumlah investor retail yang besar,” kata Jun.

PT Venteny Fortuna International Tbk merupakan perusahaan yang menyediakan solusi finansial kepada pemilik usaha, baik UMKM dan perusahaan besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Service Excellence For Everyone Commitment-Based Performance

[X]
×