kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Tankan mengerek Topix dan Nikkei


Senin, 01 Juli 2013 / 08:41 WIB
Survei Tankan mengerek Topix dan Nikkei
ILUSTRASI. Pekerja konstruksi berada di rangka proyek pembangunan LRT Jakarta, Kamis (16/07). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TOKYO. Bursa Jepang mendaki untuk hari ketiga di awal pekan ini (1/7). Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 10.04 waktu Tokyo, indeks Topix naik 0,6% menjadi 1.140,90. Indeks acuan Jepang ini sudah reli 6% dalam dua hari belakangan. Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,1% menjadi 13.687,33.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Jepang. Beberapa di antaranya yakni: Mazda Motor Corp yang naik 2,8% dan Aeon Co naik 1,2%. Sedangkan sektor asuransi mencatatkan kenaikan terbesar di antara 33 sektor lain yang terhimpun pada indeks Topix.

Selain dipengaruhi oleh indeks Tankan yang positif, bursa Jepang juga terdongkrak oleh pelemahan yen. Seperti yang diberitakan sebelumnya, indeks Tankan untuk perusahaan manufaktur besar naik menjadi plus 4 pada Juni dari sebelumnya minus 8 pada Maret. Data yang positif berarti jumlah manufaktur yang optimistis melebihi manufaktur yang pesimistis. Sementara, nilai tengah 22 ekonom yang disurvei Bloombert adalah plus 3.

Selain itu, data positif pada indeks Tankan juga mengindikasikan adanya kepercayaan yang besar pada kebijakan pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe meskipun pasar saham Negeri Sakura mengalami volatilitas tinggi.

"Survei menunjukkan optimisme seiring pemulihan ekonomi AS dan pelemahan yen akibat penerapan kebijakan pemerintah Jepang. Namun aksi beli masih rendah di pasar finansial meskipun investor berani mengambil risiko. Sebab, saat ini, investor menjadi pemilih dan membeli saham berdasarkan kinerja," papar Hitoshi Asaoka, senior strategist Mizuho Trust & Banking Co.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×