kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,73   9,34   1.04%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sunindo Pratama (SUNI) Bangun Pabrik Baru di Batam


Minggu, 17 Maret 2024 / 15:26 WIB
Sunindo Pratama (SUNI) Bangun Pabrik Baru di Batam
ILUSTRASI. PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI) memulai pembangunan plant 2 PT Rainbow Tubulars Manufacture (RTM) di Batam


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI) memulai pembangunan plant 2 PT Rainbow Tubulars Manufacture (RTM) di Batam dengan nilai investasi total mencapai Rp 432 miliar. 

Direktur Utama Sunindo Pratama Willy Johan Chandra mengatakan, SUNI telah melanjutkan serangkaian strategi peningkatan kapasitas produksi yang telah berjalan sebelumnya dengan transaksi peningkatan modal disetor kepada RTM sebesar Rp 152,8 miliar.

RTM merupakan strategic asset yang vital bagi SUNI dalam memproduksi seamless pipes/OCTG tubing secara in-house dan menjamin ketersediaan produk perseroan. 

"Kami juga menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 432 miliar yang akan digunakan untuk pembelian tanah sebesar Rp 57 miliar,  pembangunan pabrik sebesar Rp 250 miliar dan pembelian mesin-mesin produksi sebesar Rp 125 miliar," kata Willy dalam keterangan resminya, Jumat (15/3).

Baca Juga: Sunindo Pratama (SUNI) Meraih Fasilitas Kredit US$ 3,5 Juta dari Bank ICBC Indonesia

Pembangunan pabrik baru seluas 50.793 m2 ini dapat menambah kapasitas produksi seamless pipes/OCTG tubing hingga dua kali lipat mencapai 60.000 ton per tahun dari yang sebelumnya 30.000 ton per tahun. 

Jika mencapai kapasitas maksimal, SUNI dapat memasok atau melayani kebutuhan seamless OCTG tubing sampai dengan 70.000 ton per tahun. 

Adapun peningkatan kapasitas produksi ini mendukung SUNI untuk mendiversifikasi produk Industrial pipe dan memperluas pangsa pasar di dalam maupun luar negeri (pasar ekspor). Perseroan menargetkan fasilitas ini akan beroperasi pada tahun 2025 dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kinerja operasional dan keuangan perseroan ke depannya. 

Hadirnya pabrik baru SUNI juga untuk memperkuat industri pipa lokal dalam memenuhi kebutuhan eksplorasi dan eksploitasi migas ke depannya. SUNI berkomitmen mendukung program pemerintah yang telah menetapkan target lifting minyak dan gas bumi sebesar masing-masing 1 juta BOPD (barrel oil per day) dan 12 BSCFD (billion standard cubic feet per day) pada tahun 2030. 

Baca Juga: Simak Jadwal Pembagian Dividen Sunindo Pratama (SUNI) Senilai Rp 7,5 Miliar

Selain itu, SUNI juga berkomitmen untuk meningkatkan implementasi ESG di lingkungan pabrik plant 2. RTM telah bekerja sama dengan PLN untuk merancang penggunaan panel surya pada rooftop factory seluas 11.000 m2 yang akan menghasilkan listrik 0,5-1 megawatt. 

"Kami juga memastikan rencana pembangunan yang mengalokasikan 12% area pabrik menjadi area hijau. Dari aspek sosial, kehadiran pabrik baru RTM dapat menyerap tenaga kerja lokal sampai dengan 250 pekerja di Batam," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×