kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.505.000   -15.000   -0,99%
  • USD/IDR 16.295   -200,00   -1,24%
  • IDX 6.977   -130,64   -1,84%
  • KOMPAS100 1.042   -22,22   -2,09%
  • LQ45 818   -15,50   -1,86%
  • ISSI 213   -3,84   -1,77%
  • IDX30 417   -9,14   -2,14%
  • IDXHIDIV20 504   -9,85   -1,92%
  • IDX80 119   -2,45   -2,02%
  • IDXV30 125   -2,38   -1,87%
  • IDXQ30 139   -2,59   -1,83%

Sumber Alfaria Trijaya Terus Menambah Gerai, Intip Target Harga Saham AMRT


Rabu, 13 Desember 2023 / 20:41 WIB
Sumber Alfaria Trijaya Terus Menambah Gerai, Intip Target Harga Saham AMRT
ILUSTRASI. Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) telah menjadi minimarket terbesar kedua di Indonesia, berdasarkan jumlah tokonya.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dengan memiliki keunggulan layanan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) telah menjadi minimarket terbesar kedua di Indonesia, berdasarkan jumlah tokonya.

Analis Mirae Asset Sekuritas Rut Yesika Simak mengatakan, pemilihan produk, jaringan distribusi yang kuat, dan staf yang terlatih membuat AMRT berhasil menjadi minimarket terbesar kedua di Indonesia. 

"AMRT juga telah menciptakan peluang bagi UKM lokal, yang memungkinkan UKM lokal menjual produknya baik di dalam toko Alfamart maupun di depan toko, sehingga memberdayakan masyarakat lokal," kata Rut Yesika dalam riset 12 Desember 2023.

Pada sembilan bulan pertama 2023, Rut Yesika melihat perkembangan grup Alfamart cukup pesat. AMRT berkembang sebesar 9,1% year on year (YoY) menjadi memiliki 21.828 toko. 

Baca Juga: Dari Sejumlah Saham Big Caps Ini, Mana yang Dijagokan Analis?

Pertumbuhan Alfamidi jauh melampaui pertumbuhan grup Alfamart, yang dibukukan meningkat senilai 23,1 YoY menjadi 2,781 toko didukung oleh penambahan 379 toko grup Lawson pada sembilan bulan pertama 2023. 

"Kami yakin perluasan gerai Lawson akan terus berlanjut, didorong oleh meningkatnya permintaan akan produk ready-to-eat (RTE) dan ready-to drink (RTD) seiring dengan pulihnya mobilitas masyarakat pascapandemi," tuturnya.

Selain itu, AMRT memanfaatkan beragam format ritel bersamaan dengan proses pembelian terpusat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pertama, terdapat Alfamart dan Alfamidi yang secara strategis ditujukan untuk masyarakat kelas menengah. 

Kedua, Lawson menawarkan konsep khas toko serba ada Jepang, yang menyediakan berbagai pilihan makanan Jepang dan Korea, termasuk makanan dan minuman siap saji. 

Ketiga, Dan+Dan menjual suplemen kecantikan, kosmetik, perawatan kulit, dan produk perawatan kecantikan lainnya. Terakhir, Alfa X yang menyediakan co-working space, entertainment, serta common space.

Baca Juga: Mengalap Berkah Emiten Ritel di Akhir Tahun

Banyaknya gerai yang dioperasikan oleh AMRT ini dapat menjadi hambatan bagi calon pesaing. Jaringan yang luas ini tidak hanya memberikan kenyamanan dan aksesibilitas kepada konsumen tetapi juga membuat sistem distribusi yang efisien dan manajemen rantai pasokan yang kuat.

"Kami yakin, adanya jaringan toko yang luas itu bisa signifikan menjadi hambatan yang dihadapi oleh pendatang baru di pasar," kata dia.

Ke depannya, Rut memproyeksikan bahwa AMRT tidak hanya mempertahankan pangsa pasarnya namun juga terus berkembang, khususnya di kategori toko tingkat menengah.

"Tren ini penting bagi pertumbuhan Alfamart di masa depan, tidak hanya dari segi jumlah gerai tetapi juga karena margin yang lebih tinggi," papar dia.

Baca Juga: Menjelang Kampanye Pemilu 2024, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini dari Analis

Rut memperkirakan akan terjadi penambahan sekitar 1.600 toko pada tahun 2024, dengan pertumbuhan paling besar diperkirakan terjadi pada segmen grup MIDI.

Meskipun terdapat tantangan seperti pandemi dan meningkatnya laju inflasi di Indonesia, AMRT telah melewati tekanan inflasi dengan mencatat pendapatan bersih tertinggi pada tahun 2022 sebesar Rp 96,2 miliar atau tumbuh 14,2% YoY. 

"Kami juga mengantisipasi bahwa AMRT dapat memperoleh manfaat lebih besar dari kegiatan kampanye pemilu ke depan, terutama jika pemilu dilakukan dalam dua putaran," kata Rut.

Sementara itu, di periode Januari–September tahun ini, AMRT sukses mencetak laba bersih sebesar Rp 2,19 triliun atau bertumbuh 25,1% YoY. Penjualan AMRT tumbuh 10,9% YoY menjadi Rp 80,02 triliun pada Januari-September 2023 yang didukung oleh SSSG sebesar 4,5%YoY. Ini sejalan dengan SSSG panduan AMRT tumbuh sebesar 5% untuk tahun 2023.

Baca Juga: Pemilu Bisa Mendorong Daya Beli, Intip Rekomendasi Saham Consumer dari Analis Ini

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis Setyo Wibowo menilai, ekspansi-ekspansi tersebut memperkuat AMRT dalam pangsa pasarnya, terlebih ekspansi tersebut menyasar pasar minimarket hingga kecantikan.

"Prospek kinerja AMRT pada kuartal IV-2023 masih memiliki potensi tumbuh mengingat adanya momentum pemilu yang diharapkan bisa meningkatkan konsumsi masyarakat terlebih AMRT juga memiliki pangsa pasar middle," kata Azis kepada Kontan.co.id, Rabu (12/12).

Menurut Azis, momentum pemilu juga bisa menjadi pendorong dari kinerja AMRT. Untuk rekomendasi saham, ia merekomendasikan buy pada saham AMRT dengan target harga Rp 3.230 per saham

Sementara Rut merekomendasikan trading buy pada saham AMRT dengan target harga Rp 3.200 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×