kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilu Bisa Mendorong Daya Beli, Intip Rekomendasi Saham Consumer dari Analis Ini


Senin, 20 November 2023 / 07:00 WIB
Pemilu Bisa Mendorong Daya Beli, Intip Rekomendasi Saham Consumer dari Analis Ini
ILUSTRASI. Pekerja membersihkan lantai di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Tribunnews/Jeprima


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Outlook sektor consumer diproyeksikan positif didorong katalis Pemilu sehingga berdampak terhadap daya beli masyarakat. Simak rekomendasi pilihan saham consumer dari sejumlah analis:

1. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI)
Kinerja AALI tertekan pada sembilan bulan tahun ini, dengan pendapatan turun 5,1% secara tahunan (YoY) dan laba bersih turun 34,2% YoY. Produksi juga diperkirakan flat atau tumbuh 0,5% YoY akibat umur tanaman yang relatif tua.

Namun, rata-rata harga jual (ASP) diproyeksikan di Rp 12.000/kg atau naik 8% YoY didukung El-nino dan potensi perbaikan ekonomi global.

Rekomendasi: Hold
Target harga: Rp 7.500
Samuel Sekuritas, Yosua Zisokhi

Baca Juga: Labanya Naik 69,9% hingga Kuartal III, Saham PTPP Layak Dibeli?

2. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)
Laba bersih ICPB meroket 113,43% secara tahunan (YoY). Kuatnya performa perseroan didukung dari kenaikan harga yang agresif tahun lalu serta biaya input yang lebih rendah.

Pertumbuhan ICBP diperkirakan berlanjut didukung oleh peningkatan marjin dari bauran penjualan yang lebih baik (lebih banyak kontribusi dari segmen dengan marjin yang lebih tinggi seperti mie, bumbu makanan, dan makanan ringan).

Rekomendasi: Buy
Target harga: Rp 14.100

Sucor Sekuritas, Clara Nathania

3. PT Gudang Garam Tbk (GGRM)
Meski pendapatan, laba bersih GGRM melesat 197,33% secara tahunan (YoY) hingga September 2023. Besarnya laba bersih perseroan mendorong perkiraan yield dividen sekitar 11% untuk tahun buku 2023.

GGRM juga diproyeksikan mampu mempertahankan profitabilitas ke depannya, di tengah kenaikan cukai sebesar 10% di 2024. Ini didorong rata-rata harga jual (ASP) yang naik sekitar 9,5% atau lebih rendah dari 2022 dan 2023 yang akan menahan penurunan volume secara signifikan dan Pemilu turut menopang daya beli.

Rekomendasi: Buy
Target harga: Rp 31.000

MNC Sekuritas, Raka Junico W

Baca Juga: Laba Indo Tambangraya Susut pada Kuartal III, Bagaimana Rekomendasi Saham ITMG?

4. PT PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT)
AMRT mencetak kinerja positif hingga kuartal III. Diperkirakan pertumbuhannya akan berlanjut didorong pergeseran yang berkelanjutan dari perdagangan umum ke perdagangan modern.

Sehingga mendorong pangsa pasar untuk gerainya. Selain itu margin yang meningkat dari bauran penjualan siap saji (RTE) yang lebih tinggi dan kenaikan harga produk non-inti.

Rekomendasi: Overweight
Target harga: Rp 3.400

J.P.Morgan, Benny Kurniawan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×