kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Strategi Jitu Kelola Deposito Untuk Cuan Optimal


Senin, 26 Desember 2022 / 13:44 WIB
Strategi Jitu Kelola Deposito Untuk Cuan Optimal
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Berbeda dengan tabungan, dana dalam deposito berjangka hanya bisa dicairkan setelah jatuh tempo. Ada biaya penalti yang dikenakan jika nasabah menarik dana sebelum tenor deposito berakhir. Meski demikian, Anda bisa mengantisipasi biaya penalti ini dengan sejumlah strategi dan tetap memperoleh keuntungan optimal dari hasil bunga deposito. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Mudah Atur Tujuan Keuangan dengan Deposito Tenor Fleksibel

Strategi ‘anak tangga’

Strategi anak tangga dilakukan dengan menempatkan dana dalam sejumlah deposito dengan tenor yang berbeda-beda. Misalnya, Anda ingin menempatkan dana Rp100 juta dalam deposito. Anda bisa buka tabungan deposito dengan beragam jangka waktu agar tidak terkena biaya penalti saat sedang butuh sebagian dananya.

Adapun tujuan dana darurat, Anda bisa buka deposito dengan tenor pendek seperti satu dan tiga bulan. Kemudian, sisa dana dari Rp100 juta tadi bisa Anda sebar di deposito berjangka menengah dan panjang mulai dari empat bulan hingga 24 bulan. Dengan demikian, ada banyak pilihan jatuh tempo saat Anda sedang memerlukan dana segar dan harus mencairkan deposito. Imbal hasil yang diperoleh pun makin optimal karena makin panjang jangka waktu deposito, bunganya juga akan lebih tinggi.

Strategi ‘peluru’

Strategi ini dilakukan dengan buka beberapa deposito yang akan jatuh tempo tepat pada saat Anda membutuhkan dana tersebut. Contohnya, Anda berencana menabung uang mua (DP) rumah dalam dua tahun ke depan. Sekarang Anda sudah punya tabungan Rp10 juta dan buka deposito bertenor 24 bulan. Enam bulan ke depan, Anda punya tabungan lagi Rp10 juta dan buka deposito bertenor 18 bulan.

Setahun ke depan, Anda memperoleh rezeki berlebih dan berhasil menabung Rp20 juta. Anda bisa buka deposito bertenor 12 bulan untuk menyimpannya. Lalu 18 bulan kemudian, Anda sudah bisa menabung Rp10 juta lagi dan bisa buka deposito tenor 6 bulan.

Akhirnya 24 bulan setelah Anda menetapkan tujuan menabung DP rumah, semua deposito sudah jatuh tempo dan Anda memperoleh tabungan Rp50 juta ditambah imbal hasil dari bunga deposito. Tujuan Anda tercapai, simpanan pun berkembang optimal tanpa kena biaya penalti.

Bunga deposito spesial

Salah satu program deposito yang menawarkan beragam pilihan tenor deposito dan reward menarik adalah program Customer Get Customer dari J Trust Bank. Dalam program ini, nasabah J Trust Bank akan memperoleh reward dengan mereferensikan relasinya menjadi nasabah baru dan buka tabungan deposito di J Trust Bank. Nasabah baru bisa menempatkan dana dalam deposito dengan mata uang Rupiah (IDR) atau dolar US (USD). 

Program Customer Get Customer menawarkan bunga deposito spesial yang terhitung lebih tinggi dibandingkan dengan produk deposito lainnya. Dengan beberapa pilihan tenor deposito, nasabah juga lebih leluasa menyesuaikan waktu jatuh tempo berdasarkan rencana keuangan.

Untuk deposito IDR, pilihannya adalah deposito tenor satu bulan dengan bunga 5,25% per tahun (p.a), tenor tiga bulan bunga 5,50% p.a, dan tenor enam bulan bunga 5,75% p.a. Adapun, deposito USD menawarkan pilihan tenor satu bulan dengan bunga 2,00% p.a,  tenor tiga bulan bunga 2,50% p.a, dan tenor enam bulan bunga 2,75%.

Reward program deposito

Nasabah yang mengajak relasinya dalam program ini (introducer) akan memperoleh reward atau cashback uang tunai. Untuk deposito IDR, introducer mendapatkan reward sebesar 0,50% p.a. Persyaratannya, relasi yang direferensikan membuka deposito minimum Rp100 juta untuk nasabah perorangan dan Rp250 juta untuk nasabah non-perorangan.

Akan halnya deposito USD, introducer akan memperoleh reward sebesar 0,1% p.a dengan persyaratan nasabah buka tabungan deposito minimum USD 100 ribu. Penempatan minimum ini berlaku untuk nasabah perorangan maupun perusahaan.

Cashback bagi introducer akan diberikan melalui pengkreditan ke rekening nasabah. Atas reward ini, akan dikenakan pajak sebesar 20% yang dibebankan kepada nasabah.

Nasabah perlu mengetahui, jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo, akan dikenakan penalti. Untuk deposito IDR, suku bunga deposito menjadi 2% per tahun dihitung sejak awal penempatan, sedangkan untuk deposito USD, suku bunga deposito menjadi 0,1% sejak awal penempatan.

Makin banyak relasi yang Anda referensikan untuk buka tabungan deposito dalam program Customer Get Customer, tentu manfaatnya akan bertambah juga bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, www.jtrustbank.co.id, atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Complete Three Statement Modeling Financial Statement Analysis

[X]
×