kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi Blibli (BELI) Perkuat Seller di tengah Persaingan Ketat E-commerce


Rabu, 22 Maret 2023 / 05:10 WIB
Strategi Blibli (BELI) Perkuat Seller di tengah Persaingan Ketat E-commerce


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Global Digital Niaga Tbk alias Blibli (BELI) memberikan berbagai macam dukungan untuk meningkatkan usaha para penjual (seller). Emiten yang terafiliasi dengan Grup Djarum ini memperkuat pemberdayaan seller di tengah persaingan platform e-commerce yang semakin ketat.

Survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) tentang statistik e-commerce yang dirilis pada Desember 2022 lalu menggambarkan sejumlah tantangan di sektor perdagangan berbasis digital ini. Antara lain kurangnya sumber daya manusia (SDM) terampil.

Kondisi ini dihadapkan pada posisi meningkatnya jumlah orang yang berbelanja secara online. Data dari We Are Social memotret sekitar 178,9 juta orang yang berbelanja secara daring, atau meningkat 12,8% secara tahunan.

Senior Vice President of Seller Sales Operations and Development Blibli, Geoffrey L. Darmawan, mengungkapkan bahwa tantangan itu mendorong Blibli menerapkan program dukungan kepada seller. Salah satunya melalui Workshop Blibli Seller yang digelar secara berkala.

"Blibli berkomitmen memfasilitasi seller di platform kami untuk terus mengembangkan bisnis mereka, dengan menawarkan rangkaian edukasi rutin secara online dan offline," ujar Geoffrey dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3).

Baca Juga: Dua Saham Ini Jadi Pilihan Utama OCBC Sekuritas di Tengah Sentimen Negatif Pasar

Program ini diharapkan bisa membantu seller memperluas pasar dan memperbanyak transaski. Menurut Geoffrey, informasi tentang cara mengembangkan bisnis dan praktik langsung menjadi krusial di tengah menjamurnya seller di platform daring.

Pada tahun ini, Workshop Blibli Seller berlangsung di tiga kota besar. Yakni Semarang, Surabaya, dan Jakarta. Sebelumnya, program ini diadakan pertama kali di Bandung pada Desember 2022.

Adapun, workshop di Semarang sudah diadakan pada Februari 2023. "Program ini menyediakan materi komprehensif dan disesuaikan dengan topik-topik relevan terkini, disampaikan oleh narasumber terpercaya agar seller bisa berkembang dan lebih siap menghadapi tantangan," imbuh Geoffrey.

Blibli pun menghadirkan sejumlah narasumber dengan berbagai kompetensi. Salah satunya CEO Skena Wahana Kreatif, Iksan Bangsawan. Dia menjadi narasumber terkait optimalisasi media sosial sebagai sarana mendorong kenaikan traffic penjualan.

"Workshop ini diharapkan membantu para seller meningkatkan usahanya. Tak berhenti di sini, diharapkan juga bisa mengajak para seller lain sehingga dampaknya dapat dirasakan secara lebih luas," terang Iksan.

Sebagai informasi, Blibli mengembangankan ekosistem perdagangan dan gaya hidup omnichannel yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi lewat konektivitas digital. Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 27.000 toko yang melayani fitur Blibli InStore dan Click&Collect.

Adapun, Blibli melantai di Bursa Efek Indonesia pada 8 November 2022 dengan kode saham BELI. Pada perdagangan Selasa (21/3), saham BELI ditutup menguat 0,44% ke level harga Rp 460 per lembar.

Baca Juga: Menguji Daya Tahan Sektor Kesehatan, Berikut Rekomendasi Saham Pilihan Analis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×