kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Steadfast Marine masuk unusual market activity, investor disarankan profit taking


Jumat, 10 Agustus 2018 / 13:09 WIB

Steadfast Marine masuk unusual market activity, investor disarankan profit taking


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan saham PT Steadfast Marine Tbk (KPAL) dalam kategori unusual market activity (UMA) pada Kamis (9/8). Harga saham KPAL naik 515% atau lebih dari enam kali lipat sejak IPO 8 Juni 2018 lalu. 

Jumat (10/8) ada di Rp 1.200 per saham. Padahal harga IPO pada Juni lalu cuma Rp 195 per saham.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan harga saham KPAL yang sudah menguat enam kali sejak IPO sebenarnya sudah memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi.

"Walaupun kemungkinan naik masih terbuka namun terbatas. Karene saya perhatikan pola perdagangannya sudah tidak ada broker yang dominan. Kalaupun masih ada, perannya sudah tidak sebesar pada awal kenaikannya. Jadi saya simpulkan ruang penguatan sudah terbatas," kata William, Jumat (10/8).

William menyarankan agar investor take profit semua saham yang naik cepat dan juga berpotensi turun cepat. "Hal ini seperti kejadian pada saham SWAT dan TRUK yang sama-sama melesat sejak IPO dan sekarang harganya di bawah harga IPO," ungkapnya.

Selain itu, ia bilang dengan sudah masuknya KPAL dalam daftar UMA oleh BEI maka besar potensi untuk di-suspend. "Jika hal ini terjadi dan emiten tidak bisa memberikan penjelasan mengapa harga sahamnya melesat maka suspend-nya bisa lama. Dan keadaan tersebut merugikan investor," tambahnya.

William pun menargetkan harga saham di level Rp 1.300 per saham, jika masih menguat lagi. "Ini target jangka pendek, kalau secara teknikal belum ketahuan karena KPAL baru listing," tambahnya.


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Video Pilihan


Close [X]
×