CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,61   -7,10   -0.70%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Sreeya Sewu Indonesia (SIPD) Lirik Peluang Ekspor Ayam ke Singapura


Selasa, 28 Juni 2022 / 08:35 WIB
Sreeya Sewu Indonesia (SIPD) Lirik Peluang Ekspor Ayam ke Singapura


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk (SIPD) melihat adanya peluang ekspor ke Singapura. Hal tersebut terjadi setelah adanya pembatasan ekspor ayam dari Malaysia, yang merupakan pemasok utama komoditas tersebut di Singapura.

Terlebih, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menyatakan dukungan terkait rencana ekspor ayam ke Singapura. Apalagi saat ini, komoditas ayam dalam posisi kelebihan pasokan atau oversupply di dalam negeri.

Diketahui, saat ini sedang ada pembicaraan bilateral antara pemerintah Indonesia dan Singapura yang melibatkan dua asosiasi yakni Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU) di Indonesia dan Singapore Food Association (SFA).

Kedua asosiasi itu sedang memvalidasi dan verifikasi sertifikasi beberapa produsen ayam di Indonesia dalam rangka mengisi kebutuhan di Singapura.

Terkait hal tersebut, Komisaris SIPD Theo Lekatompessy mengatakan, SIPD selalu siap dengan sertifikasi yang ada dan siap untuk melaksanakan segera setelah tercapai kesepakatan antar pemerintah (G to G).

Baca Juga: Sreeya Sewu (SIPD) Raih Laba Bersih Rp 29,75 Miliar Per Kuartal I

Seperti diketahui, selama ini belum ada produsen unggas asal Indonesia yang merambah ke Singapura karena belum ada lampu hijau importasi unggas asal Indonesia di aturan dan regulasi pemerintah Singapura. Untuk itu, Theo berharap agar dapat segera tercapai kesepakatan bilateral G to G yang memungkinkan terlaksananya ekspor ayam ke Singapura.

Sebagai informasi, melalui PT Belfoods Indonesia, SIPD pernah menembus beberapa pasar ekspor ke beberapa negara.

"Pada saat ini, sedang dilakukan finalisasi negosiasi dengan calon buyer di Filipina, di samping juga Singapura. SIPD akan terus berupaya mengembangkan pasar ekspor," paparnya pada Kontan, Senin (27/6).

Pada paruh pertama tahun ini, SIPD sedang menindaklanjuti pengembangan kapasitas pabrik baik di produk hulu dan juga produk hilir seperti makanan beku berbahan ayam. Di samping, SIPD juga melakukan penambahan peternakan ayam.

 

 

"Untuk frozen food juga banyak di launching aneka cita rasa mancanegara seperti yang bercita rasa Korea sedang hype saat ini di konsumen," tambahnya.

Menurutnya, sekarang ini tantangan yang dihadapi secara umum oleh industri perunggasan adalah faktor harga yang belum memadai dan fluktuasi yang masih tajam membuat sulit dalam memprediksi harga dan melaksanakan penjualan secara kontrak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×