kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Spekulasi kenaikan suku bunga AS mereda, harga emas berpotensi bullish


Minggu, 18 Februari 2018 / 16:26 WIB
Spekulasi kenaikan suku bunga AS mereda, harga emas berpotensi bullish
ILUSTRASI. Emas Antam edisi shio anjing tanah


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Walaupun bergerak fluktuatif dalam perdagangan pekan lalu, harga emas diyakini masih berada dalam tren bullish. Rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang cukup bervariasi meredam ekspektasi kenaikan suku bunga acuan The Fed. Dus, para analis masih optimistis, harga emas mampu mempertahankan penguatan hingga semester I nanti.

“Sampai akhir semester I masih tetap bullish,” ujar Alwi Asegaff, analis PT Global Kapital Investama Berjangka kepada Kontan.co.id.

Menurutnya, ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed di bulan Maret kini telah mulai memudar. Ia meragukan apakah The Fed mampu menaikkan suku bunga di tengah pembelanjaan yang lesu. Ketika inflasi naik tetapi tidak disertai dengan peningkatan ekspektasi kenaikan suku bunga berarti pasar masih melihat ekonomi AS yang tidak bagus.

Sementara itu, Deddy Yusuf Siregar, analis PT Asia Tradepoint Futures memperkirakan harga emas akan mampu bertahan hingga akhir kuartal I-2018. Ia memperkirakan harga emas bisa bertengger pada level US$ 1.365 per ons troi. Apalagi pada 4 Maret nanti masih akan dilangsungkan pemilihan umum di Italia.

“Ketidakpastian akan memicu pergerakan harga emas menembus US$ 1.400 per ons troi,” terangnya.

Menurutnya pada kuartal II pasar masih menanti pernyataan Ketua The Fed yang baru Jerome Powell tentang arah kebijakan bank sentral. Apakah nantinya The Fed mampu menaikkan suku bunga acuan hingga empat kali di tengah kondisi ekonomi AS yang masih tidak menentu tahun ini.

Asal tahu saja, mengutip Bloomberg pada penutupan perdagangan Jumat (16/2) harga emas kontrak pengiriman April 2018 di Commodity Exchange menguat 0,07% ke level US$ 1.356,20 per ons troi dibandingkan hari sebelumnya. Sedangkan jika dibandingkan sepekan sebelumnya harga emas telah menguat hingga 3,08%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×