kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Smelter Halmahera Timur milik Antam (ANTM) mulai beroperasi tahun ini


Minggu, 26 Januari 2020 / 13:01 WIB
Smelter Halmahera Timur milik Antam (ANTM) mulai beroperasi tahun ini
ILUSTRASI. Pekerja mengalirkan cairan feronikel yang sudah lebur di pabrik Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra PT Aneka Tambang (ANTAM) di Pomalaa, Kolaka, Sultra, Selasa (8/5). Smelter feronikel ANTM di Halmahera Timur akan memiliki kapasitas sebesar 13.50

Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pertambangan mineral PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terus menggeber sejumlah proyek smelter guna mendukung program hilirisasi tambang. Salah satu proyek yang sedang digarap ANTM adalah smelter feronikel di Halmahera Timur (P3FH).

Senior Vice President Corporate Secretary Kunto Hendrapawoko mengatakan, hingga Desember tahun lalu perkembangan proyek ini telah mencapai 97,75%. “Dapat kami sampaikan bahwa tahapan konstruksi pabrik sesuai dengan fase yang ditentukan,” ujar dia, Jumat (24/1) lalu.

Di semester kedua tahun lalu, ANTM telah melaksanakan tahap cold commissioning dengan menggunakan pembangkit listrik yang tersedia dengan kapasitas 12 megawatt (MW). Anak usaha Mind ID tersebut berkomitmen untuk memastikan bahwa pabrik feronikel Halmahera Timur dapat beroperasi secara komersial di tahun ini.

Baca Juga: Mind Id Menargetkan Trasaksi Akuisisi 20% Vale Diteken Maret 2020

Nilai investasi untuk pembangunan smelter feronikel P3FH diperkirakan mencapai Rp 3,5 triliun. Dana tersebut sudah efektif terserap pada 2016 lalu.

Sedangkan di periode Januari hingga September 2019 silam, ANTM telah menggelontorkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 550 miliar untuk pengerjaan proyek tersebut.

Nantinya, smelter feronikel ANTM di Halmahera Timur akan memiliki kapasitas sebesar 13.500 TNi.




TERBARU

Close [X]
×