kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,30   0,61   0.06%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Proyeksi IHSG Untuk Senin (12/2) di Pekan Pemilu


Senin, 12 Februari 2024 / 06:20 WIB
Simak Proyeksi IHSG Untuk Senin (12/2) di Pekan Pemilu
ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 12,25 poin atau 0,17% ke 7.235,15 pada akhir perdagangan Rabu (7/2).


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 12,25 poin atau 0,17% ke 7.235,15 pada akhir perdagangan Rabu (7/2). Pada perdagangan pekan lalu yang berlangsung 5-7 Februari 2024, IHSG tercatat turun 0,05%.

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memperkirakan IHSG akan bergerak fluktuatif dalam rentang 7.175-7.330 pada Senin (12/2). IHSG akan merespons data-data ekonomi yang rilis pada pekan ini. 

"Di luar pasar Amerika Serikat (AS), pasar merespons data ekonomi yang relatif beragam. Tiongkok membukukan kenaikan deflasi ke 0,8% year on year (YoY) di Januari 2024 dari 0,3% YoY di Desember 2023," kata Valdy kepada Kontan.co.id, Minggu (11/2).

Data inflasi terbaru iini memperkuat indikasi bahwa konsumsi domestik Tiongkok masih tertekan di Januari 2024. Akan tetapi, Valdy menilai indikasi pemulihan terlihat dari kenaikan kredit baru dalam mata uang yuan.

Baca Juga: Tahun Politik, Reksadana Pasar Uang Masih Menarik Dikoleksi

Adapun pekan ini akan dibanjiri dengan rilis data ekonomi. AS dijadwalkan rilis data inflasi dan penjualan ritel. Inggris dijadwalkan rilis data pengangguran dan Inflasi.

Lalu adanya data indeks sentimen ekonomi di Eropa juga dijadwalkan rilis tengah pekan ini, Euro Area dan Jepang akan merilis data pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2023 di pekan ini. 

"Selain itu, dari dalam negeri, pasar mungkin merespons hasil pemilihan umum (pemilu) di 14 Februari 2024," tuturnya.

Valdy merekomendasikan untuk mencermati saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Indosat Tbk (ISAT), PT Bank Syariah Indonesia TBk (BRIS), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) pada pekan depan.

Baca Juga: Catat! Ini Rekomendasi Saham Pilihan Analis & Arah IHSG pada Pekan Pemilu & Pilpres

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai IHSG berpotensi melanjutkan koreksinya, dengan support 7.180 dan resistance 7.254 pada Senin (12/2).

"Kami memperkirakan IHSG akan dipengaruhi oleh pergerakan harga komoditas dunia dan rilis data inflasi China yang diperkirakan masih deflasi," kata Herditya kepada Kontan.co.id, Rabu (7/2).

Secara teknikal Herditya merekomendasikan, buy pada saham PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) dengan target harga Rp 1.600-Rp 1.630 per saham, beli pada saham PT Astra International Tbk (ASII), dengan target harga Rp 5.400-Rp 5.550 per saham, dan buy pada saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dengan target harga Rp 1.080-Rp 1.140 per saham.

Baca Juga: Cermati Trading Plan Untuk Saham Pilihan dari Ajaib Sekuritas pada Pekan Pemilu

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya menilai IHSG berpotensi menguat setelah rilis data perekonomian mengenai cadangan devisa (cadev) yang menunjukkan bahwa keadaan perekonomian yang masih berada dalam keadaan stabil.

"Dalam jangka panjang IHSG masih berada dalam kondisi uptrend di mana jika terjadi peluang koreksi minor masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian terutama untuk saham saham berfundamental kuat," kata William, Minggu (11/2).

William merekomendasikan saham BBCA, BBNI, BBRI, TLKM, JSMR, UNVR, ICBP, ITMG, dan KLBF untuk dicermati pada perdagangan pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×