kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Untuk Perdagangan Selasa (17/1)


Selasa, 17 Januari 2023 / 05:40 WIB
Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Untuk Perdagangan Selasa (17/1)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah sentimen akan menggerakkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (17/1). IHSG menguat 0,70% atau 46,23 poin ke 6.688,06 pada Senin (16/1).

Analis Panin Sekuritas Christian Anderson Yuwono mengatakan, sentimen pergerak IHSG datang dari penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Sementara dari luar negeri, pasar mencerna laporan data inlfasi AS yang sudah berangsur menurun.

Proyeksi Christian, IHSG akan bergerak di rentang support 6.774 dan resistance 6.850 pada perdagangan Selasa (17/1). Saham-saham yang bisa dicermati antara lain PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Baca Juga: IHSG Bakal Didorong Data Neraca Perdagangan, Ini Rekomendasi Saham pada Selasa (17/1)

Senada, analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menilai, pasca rilis data inflasi AS yang menunjukkan penurunan kembali, kekhawatiran investor mulai mereda. Pasar berekspektasi bahwa bank sentral AS Federal Reserve akan sedikit melonggarkan kebijakan kenaikan suku bunganya pada kesempatan rapat berikutnya.

“Hal ini tampak di pasar dengan rebound yang terjadi pada IHSG dan cenderung menguat selama tiga hari perdagangan terakhir, meskipun nilai transaksi harian di pasar reguler masih di bawah Rp 10 triliun,” kata Ivan.

Proyeksi Ivan, IHSG akan berada di rentang support 6.630 dan resistance 6.727. Investor dapat mencermati saham perbankan seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) serta emiten semen seperti SMGR dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) di tengah pelemahan harga batubara yang kemungkinan masih sedikit berlanjut. 

Baca Juga: AS Berpotensi Resesi, Mirae Asset Tambahkan Saham MDKA & ANTM ke Top Picks Bulan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×