kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Manfaat Layanan Cores.ksei Bagi Investor


Selasa, 23 April 2024 / 17:44 WIB
Simak Manfaat Layanan Cores.ksei Bagi Investor
ILUSTRASI. tabel perkembangan investor pasar modal


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) terus berupaya mengembangkan infrastruktur dan layanan untuk pasar modal Indonesia.  Hal itu dilakukan untuk menjalankan fungsinya sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian (LPP) di pasar modal.

Salah satunya dengan mengembangkan layanan penyimpanan data dan dokumen untuk memudahkan Penyedia Jasa Keuangan (PJK) serta investor dalam proses pembukaan rekening dan pengkinian data investor melalui platform Centralized Investor Data Management System atau Cores.ksei.

Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat menjelaskan, Cores.ksei merupakan layanan penyimpanan data dan dokumen untuk memudahkan PJK serta investor dalam melakukan pembukaan rekening investasi dan pengkinian data investor. Pengembangannya  mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Layanan Administrasi Prinsip Mengenali Nasabah atau LAPMN.

Baca Juga: Mengingat Kembali Aturan Bebas Pajak Dividen di Tengah Tren Pembagian Laba Emiten

Dengan adanya Cores.ksei maka investor yang ingin membuka rekening investasi baru di PJK lain tidak perlu mengulang proses penyampaian data, informasi, dan dokumen sehingga lebih mudah dan efisien. “Investor dan PJK yang merupakan pemakai jasa KSEI dapat menggunakan data yang sudah tersimpan di platform CORES.KSEI,” kata Samsul dalam keterangannya, Selasa (23/4).

Apabila investor ingin melakukan pengkinian data dikarenakan adanya data terbaru,  lanjut Samsul, investor hanya perlu menginformasikan dan menyampaikan dokumen kepada salah satu PJK saja. Platform Cores.ksei akan mengirimkan notifikasi pengkinian data tersebut kepada PJK lain tempat investor menjadi nasabah. 

Selain itu, KSEI juga memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang tersentralisasi dan terdistribusi melalui Cores.ksei “Semua data yang di-sharing ke PJK lain harus memperoleh persetujuan investor, jadi tidak perlu khawatir karena data dan dokumen milik investor tetap terjaga keamanan dan kerahasiaannya,” sambungnya.

Samsul menambahkan, untuk dapat menggunakan data yang telah tersimpan dalam Cores.ksei pada saat pembukaan rekening investasi di PJK lain maka investor cukup menyebutkan nomor Single Investor Identification (SID) dan melakukan persetujuan sharing data yang dapat dilakukan melalui email atau fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Baca Juga: Single Stock Futures Hadir Jadi Pilihan Produk Derivatif Baru di Indonesia

KSEI berharap kemudahan pembukaan rekening investasi dapat memberikan dampak positif dalam pertumbuhan jumlah investor di pasar modal, didukung dengan platform yang berbasis digital

“Harapannya, platform Cores.ksei dapat mendukung akselerasi pendalaman pasar melalui kemudahan proses Customer Due Diligence (CDD) yang dilakukan oleh PJK terhadap calon nasabah, sehingga jumlah investor di pasar modal dapat tumbuh lebih cepat melalui platform yang berbasis elektronik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×