kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,90   0,60   0.08%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Setelah status diubah jadi creditwatch, peringkat Tiphone (TELE) juga dipangkas


Sabtu, 16 Mei 2020 / 13:43 WIB
Setelah status diubah jadi creditwatch, peringkat Tiphone (TELE) juga dipangkas
ILUSTRASI. Gerai ponsel?Telesindo Shop dari PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE).

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE) menjadi idBB+ dari idBBB+. Peringkat tersebut tidak hanya berlaku untuk Tiphone tapi juga surat utang yang diterbitkannya yakni obligasi berkelanjutan I/2016-2017 dan obligasi berkelanjutan II/2019. 

Penurunan peringkat tersebut mencerminkan risiko pembiayaan kembali alias refinancing obligasi berkelanjutan I tahun 2017 meningkat. Obligasi senilai Rp 231 miliar ini akan jatuh tempo pada 22 Juni 2020. 

Baca Juga: Dari outlook negatif hingga default, ini update peringkat emiten dari Pefindo

TELE berencana untuk membayar obligasi jatuh tempo tersebut dengan menggunakan hasil penagihan piutang usaha. Pada tanggal 15 April 2020, TELE memiliki piutang usaha sekitar Rp 800 miliar serta kas dan setara kas sebesar Rp 335,3 miliar. Tiphone juga memiliki fasilitas pinjaman bank. 

Selain harus membayar utang jatuh tempo, TELE juga harus memenuhi kewajiban pemenuhan modal kerja mingguan untuk bisnis voucher sekitar Rp 600 miliar–Rp 700 miliar. TELE juga telah menunda rencana menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Tahap III senilai Rp 150 miliar sehingga semakin memberikan tekanan pada likuiditas TELE. 

"Kami berpandangan bahwa TELE sangat tergantung pada keberhasilan penagihan piutang untuk membayar obligasi yang jatuh tempo, mengingat kondisi likuiditas Tiphone yang ketat," jelas Ayuningtyas Nur Paramitasari dan Christyanto Wijaya Analis Pefindo dalam rilis Jumat (15/5). 

Baca Juga: Kemampuan Tiphone Mobile (TELE) diragukan, Pefindo pasang credit watch negatif

Pefindo juga memasang creditwatch dengan implikasi negatif yang mencerminkan antisipasi terhadap tindakan pemeringkatan lebih lanjut jika Tiphone gagal memitigasi risiko refinancing.

Peringkat tersebut juga mencerminkan proteksi arus kas dan likuiditas yang lemah, struktur permodalan dan persaingan yang ketat pada bisnis voucher dan seluler. Namun, peringkat tersebut diimbangi posisi TELE sebagai distributor voucher seluler Telkomsel terbesar dan jaringan distribusi TELE yang terdiversifikasi dan ekstensif.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×