kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setara emas global, koin emas jadi pilihan investasi


Jumat, 02 Agustus 2019 / 21:25 WIB
 Setara emas global, koin emas jadi pilihan investasi


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek investasi koin emas dinilai masih jadi pilihan menarik. Bahkan salah satu produsen koin emas yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengklaim bahwa permintaan logam mulia termasuk koin emas masih mengalami kenaikan. 

Direktur Niaga atau Pemasaran Antam Aprilandi Hidayat Setia menjelaskan bahwa saat ini perusahaan produsen emas tersebut menjual koin emas standar yang dikenal dengan Dinar. Ada juga koin perak standar yang dinamakan Dirham. 

Baca Juga: Koin Nusantara bisa menjadi alternatif investasi emas

"Saat ini prospeknya (koin emas) masih bagus, ditandai dengan adanya permintaan dari pelanggan logam mulia," jelas Aprilandi kepada Kontan, Jumat (2/8). 

Adapun permintaan Dinar saat ini, cenderung dimanfaatkan pembeli sebagai alat investasi atau simpanan, mahal dan juga collectable item atas produk logam mulia tematik dengan aspek religi di dalamnya. Apalagi pergerakan harga Dinar pada dasarnya mengikut harga emas dunia, sehingga saat harga emas naik, harga Dinar pun akan mengikuti.

"Sebagai item produk logam mulia non batangan, Dinar dikenakan PPn 10%. Antam saat ini sudah mengeluarkan empat denominasi Dinar dengan berat mulai dari 1,06 gram hingga 8,50 gram," paparnya. 

Baca Juga: Data Tentang Emas Dalam Satu Dekade Terakhir

Meskipun permintaan diklaim terus menanjak, Aprilandi mengatakan bahwa pihaknya belum berencana untuk mengeluarkan seri koin emas terbaru. Bagi investor yang ingin berinvestasi koin emas, saat ini bisa memesan dengan bentuk customize atau sesuai permintaan pelanggan.

"Sementara ini denominasi 1 Dinar (4,25 gram) masih jadi pilihan terbanyak, dengan kalangan pembeli dari berbagai generasi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×