kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentimen Pasar Kripto Membaik, Bitcoin Ada di Zona Hijau Sepekan Terakhir


Kamis, 10 Februari 2022 / 12:06 WIB
Sentimen Pasar Kripto Membaik, Bitcoin Ada di Zona Hijau Sepekan Terakhir
ILUSTRASI. Ilustrasi bitcoin. REUTERS/Dado Ruvic


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah terpuruk, dalam sepekan terakhir harga aset kripto mulai berada di zona hijau. Merujuk Coinmarketcap, harga Bitcoin pada pukul 11.08 WIB berada di US$ 43.845,08 per BTC atau menguat 18,77% dalam seminggu terakhir.

Sementara Ethereum dan Binance Coin juga berhasil menorehkan tren serupa. Tercatat, Ethereum saat ini berada di US$ 3.184,50 per ETH atau menguat 19,36%. Lalu Binance Coin juga sudah menguat 13,68% dalam seminggu terakhir menjadi 416,86 per BNB.

Luno dan Arcane Research dalam riset mingguannya yang dirilis Rabu (9/2) mengatakan ketiga aset tersebut memang saling mengejar satu sama lain dalam sepekan terakhir. Secara historis, kinerja ETH dan BNB cenderung mengalahkan kinerja BTC pada masa-masa profit tinggi. 

“Namun, dengan kondisi pasar yang masih dalam ketakutan yang berkepanjangan, tampaknya para trader/investor masih menunggu dan mengamati pergerakan bitcoin sebelum melakukan tindakan terhadap ETH atau BNB,” tulis Luno dan Arcane Research dalam rilisnya.

Baca Juga: Bukan Bitcoin, Shiba Inu atau Dogecoin, Ini 5 Uang Kripto yang Diprediksi Naik Harga

Namun, di luar tiga koin terbesar tersebut, koin-koin lainnya juga mengalami tren serupa. Meskipun demikian, Luno dan Arcane Research mengamati pergerakan lebih pada koin berisiko tinggi dibanding altcoin kecil. 

Indeks Kapitalisasi Kecil kini memimpin di bulan Februari dengan kenaikan 19%. BTC dan indeks-indeks lain mengikuti dengan keuntungan sebesar 15%.

Di tengah kondisi pasar yang sudah tidak lagi dipenuhi ketakutan, aksi-aksi pertaruhan berisiko tinggi pada koin-koin kecil mulai membuahkan hasil. 

Profil beta yang tinggi pada Indeks Kapitalisasi Kecil mulai terlihat dengan kinerja koin-koin kecil yang melampaui koin-koin besar pada hari-hari pasar hijau, dan kinerja yang di bawah koin besar pada hari-hari pasar merah.

Mengenai pergerakan pasar di minggu kedua Februari 2022, Country Manager Luno Indonesia Jay Jayawijayaningtiyas mengatakan, para investor mulai kembali berinvestasi ke beberapa altcoin disebabkan oleh perubahan sentimen pasar yang kembali optimistis dari level fear dan sempat hampir menyentuh level greed.

Indeks Fear and Greed telah naik ke angka 48, hanya selisih 2 poin dari area “Greed” di mana posisi “Greed” terjadi terakhir kali pada akhir bulan November. Setelah tiga bulan dalam posisi ketakutan, area “Greed” ini tentu akan disambut hangat oleh para holders yang mulai kelelahan.

Baca Juga: Harga Bitcoin Menanjak Lagi, Mata Uang Kripto Ini Melonjak 40% Lebih

“Kembalinya antusiasme dan optimisme pasar terhadap beberapa altcoin tertentu juga menunjukkan sinyal bullish diiringi oleh tren metaverse dan NFT yang terus populer,” kata Jay.

Sementera terkait harga Bitcoin yang telah naik lebih dari 15% dalam seminggu terakhir, Jay menyebut kenaikan harga Bitcoin diikuti dengan volume yang rendah. Menurutnya, jika volume transaksi beli terus meningkat, maka bukan tidak mungkin hal tersebut mampu mendorong kenaikan harga Bitcoin lebih lanjut karena dianggap aman.

Level resistance bitcoin selanjutnya diperkirakan akan berada di angka US$ 45.500. Sementara jika bergerak ke bawah, US$ 40.000 menjadi level support penting yang perlu diperhatikan dalam beberapa hari ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×