kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sempat menguat, dolar Australia kembali melemah terhadap yen


Selasa, 25 Februari 2020 / 16:21 WIB
Sempat menguat, dolar Australia kembali melemah terhadap yen
ILUSTRASI. Pairing AUD/JPY kembali melanjutkan tren negatif pekan lalu.

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sempat menguat pada perdagangan kemarin, Senin (24/2), pasangan AUD/JPY kembali melemah hari ini, Selasa (25/2). Mengutip Bloomberg, pada pukul 16.00 WIB, pasangan AUD/JPY melemah 0,10% ke level 73,54. Dengan pelemahan ini, AUD/JPY kembali melanjutkan tren negatif pekan lalu.

Analis HFX Berjangka Sutopo Widodo melihat, pelemahan AUD/JPY tidak terlepas dari kembali bergairahnya pasar Jepang. Sutopo menyebut, pasangan ini pulih setelah munculnya data yang positif dari Jepang.

“Pertama, kembalinya pedagang Tokyo setelah akhir pekan yang panjang seiring dengan ulang tahun Kaisar Jepang berkontribusi pada penguatan yen Jepang. Ditambah lagi indeks harga layanan perusahaan di Jepang juga naik dari 2,1% menjadi 2,3%,” kata Sutopo ketika dihubungi Kontan.co.id, Selasa (25/2).

Baca Juga: Fundamental Australia masih tertekan, penguatan aussie hanya sementara

Sutopo menambahkan, katalis positif juga datang dari Menteri Keuangan Jepang Taro Aso yang menyebutkan bahwa dia masih belum mempertimbangkan stimulus tambahan untuk menanggapi epidemi virus corona yang mulai menyebar ke Jepang.

Sementara dari Australia, Sutopo menyebut kondisi fundamental negeri Kanguru tersebut kurang baik. Mengingat ekspor hasil tambang ke China sebagai mitra dagang utama Australia mengalami keterlambatan imbas dari persebaran virus corona.

“Data dari dalam negeri terkait jumlah penjualan rumah yang meningkat dan adanya laporan pengangguran yang menurun serta tingkat konsumsi yang meningkat tidak memberi banyak dampak banyak. Tadi pagi AUD/JPY sempat menguat, namun saat ini sudah kembali melemah,” tambah Sutopo.

Baca Juga: Simak valas rekomendasi analis di tengah wabah virus corona

Jika dilihat dari segi teknikal, pasangan AUD/JPY mengalami ranging harga antara 73,00-74,36, dalam bias tren yang masih menunjukkan penurunan.Harga masih bergerak di bawah rata-rata MA 50, MA120, dan MA200. Sementara RSI masih menunjukkan sentimen negatif pada 42,93. Indikator MACD juga masih menunjukkan berada di zona sell.

“Saya merekomendasikan untuk sell dalam jangka pendek. Sementara untuk perdagangan besok, pasangan AUD/JPY akan berada di tingkat support 72,50 dan 73,00, sedangkan tingkat resistance ada di level 73,75 dan 74,25,” pungkas Sutopo.




TERBARU

Close [X]
×