CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,61   -7,10   -0.70%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Semacom Integrated (SEMA) Pasang Harga Penawaran IPO Rp 180 per Saham


Kamis, 06 Januari 2022 / 07:15 WIB
Semacom Integrated (SEMA) Pasang Harga Penawaran IPO Rp 180 per Saham
ILUSTRASI. Produksi panel elektronik PT Semacom Integrated Tbk (SEMA). Semacom akan meraup dana IPO sebesar Rp 62,46 miliar.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) PT Semacom Integrated Tbk terus bergulir. Calon emiten dengan kode saham SEMA ini memasang harga penawaran di Rp 180. Ini merupakan batas bawah dari harga bookbuilding yakni di kisaran Rp 180-Rp 220.

Dalam aksi korporasi ini, SEMA melepas 347 juta saham atau setara 25.76% dari modal disetor dan ditempatkan pasca IPO. Dus, jumlah seluruh nilai penawaran umum yang dihasilkan sebanyak Rp 62,46 miliar.

Bersamaan, SEMA juga menerbitkan sebanyak 173,50 juta Waran Seri I sebagai pemanis atau sebanyak 17,35%  dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran seri I akan diterbitkan dengan rasio 2 : 1 dengan harga pelaksanaan Rp 230. Dus, total hasil pelaksanaan waran Seri I sebanyak-banyaknya Rp 39,90 miliar.

Baca Juga: Antrean Calon Emiten di Tahun Macan

Mengutip laman e-IPO, Kamis (6/1), seluruh dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum perdana saham akan digunakan untuk modal kerja, antara lain untuk pembelian persediaan, biaya research & development, serta biaya pemasaran dan promosi.

Sedangkan dana yang diperoleh SEMA dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran, maka akan digunakan untuk modal kerja perseroan yaitu untuk pembelian persediaan serta biaya pemasaran dan promosi.

Baca Juga: Hajatan IPO Berpeluang Lebih Ramai di Tahun Depan

Masa penawaran umum berlangsung dari 4 sampai 6 Januari 2022 dengan tanggal distribusi jatuh pada 7 Januari 2022.  Sedangkan tanggal pencatatan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) akan berlangsung pada 10 Januari 2022 mendatang.

Asal tahu, SEMA bergerak dalam kegiatan usaha produksi panel listrik, perakitan baterai listrik dan energi terbarukan. SEMA merupakan salah satu perusahaan produksi panel listrik terkemuka di Indonesia, dan merupakan pemilik lisensi pertama di Indonesia dari Siemens untuk memproduksi panel-panel listrik type-tested. Sejak tahun 2009, SEMA memproduksi panel listrik type-tested. Sejak 2020, SEMA memperluas bisnisnya sebagai penyedia teknologi listrik yaitu baterai listrik dan energi terbarukan.

Baca Juga: Semacom Integrated Membidik Rp 76,34 Miliar dari IPO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×