kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selama masa Lebaran 2021, Indosat Ooredoo catatkan kenaikan trafik data 10%


Selasa, 18 Mei 2021 / 07:20 WIB
Selama masa Lebaran 2021, Indosat Ooredoo catatkan kenaikan trafik data 10%


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indosat Tbk (ISAT) alias Indosat Ooredoo mencatatkan kenaikan trafik layanan data sebesar 10% selama masa Lebaran 2021 dibandingkan hari normal. Kenaikan trafik data paling banyak terjadi di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dari kategori per jenis aplikasi, pemakaian layanan mobile gaming tercatat meningkat sebesar 90%, media sosial naik 26%, messaging dan video call naik 21%, serta streaming video dan musik naik 1%. Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp pun meningkat tajam selama masa Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, kenaikan trafik data ini sejalan dengan masyarakat Indonesia yang beralih melakukan silaturahmi secara virtual dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi digital. Sebagaimana diketahui, akibat Covid-19 yang masih mewabah, pemerintah Indonesia memberlakukan larangan mudik selama 6-17 Mei 2021.

Vikram menyampaikan, kenaikan permintaan trafik tersebut dapat diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang tetap terjaga selama masa Lebaran tahun ini. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi 9% lebih cepat dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) catat kenaikan trafik hingga 20% dari jaringan fiber XL HOME

“Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, senang rasanya Indosat Ooredoo bisa memberikan pengalaman terbaik di masa yang penuh tantangan ini dengan berbagai produk dan layanan yang berkualitas, transparan, dan dipercaya pelanggan," kata Vikram dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/5).

Lebih lanjut, menurut Vikram, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap dijaga di level tertinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo turun 37% di masa Lebaran tahun ini.

Lebih dari 90% tiket pengaduan juga berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam. Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga naik sebesar 8% dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Makin Lengket Telkomsel dan Gojek Pasca Investasi Tambahan Mengucur

Menurut Vikram, kenaikan permintaan data pada masa Lebaran telah diantisipasi Indosat Ooredoo sejak awal tahun melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, serta fiberisasi jaringan 4G berkualitas video Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia khususnya di layanan data.

"Peningkatan trafik telekomunikasi dan pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis juga mampu diantisipasi oleh Indosat Ooredoo melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun lalu," tutur Vikram. Indosat juga mengerahkan tim Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung dalam Command Center sejak H-4 Lebaran dan beroperasi selama 24 jam sehari.

Baca Juga: Resmi! Indosat (ISAT) jual 4.200 menara ke Edge Point, nilainya capai US$ 750 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×