kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sektor retail membaik, simak rekomendasi untuk saham-saham ini


Rabu, 06 Oktober 2021 / 18:31 WIB
Sektor retail membaik, simak rekomendasi untuk saham-saham ini
ILUSTRASI. Seorang bapak bersama dua anaknya mengunjungi pusat perbelanjaan metropolitan mall di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/10/2021).


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa saham emiten retail menguat pada perdagangan Rabu (6/10). Misalnya saja PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) melesat 3,38% ke harga Rp 765 per saham, disusul PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) naik 2,55% ke harga Rp 1.410 per saham, dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menguat 0,62% ke harga Rp 805 per saham.

Sementara itu, saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) terkoreksi 6,49% ke harga Rp 865 per saham, PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) melemah 0,84% ke harga Rp 590 per saham, dan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) turun 0,74% ke harga Rp 2.690 per saham.

Analis NH Korindo Sekuritas Putu Chantika mengatakan, melandainya kasus covid-19 dan pembukaan kembali mal menjadi katalis positif bagi saham-saham di sektor retail. Traffic pengunjung mal juga akan meningkat secara bertahap seiring dengan pemulihan ekonomi. Sementara, jika ada pengetatan kembali pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) karena meningkatnya kasus Covid-19 bisa menjadi sentimen negatif untuk sektor ini.

Baca Juga: Erajaya Swasembada (ERAA) mengerek kinerja di kuartal IV 2021

Chantika juga memprediksi, kinerja emiten retail bisa membukukan performa yang cukup baik di kuartal keempat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

“Ini ditopang oleh holiday and festive season. Kami masih cukup optimistis tahun ini, emiten retailers akan mampu memanfaatkan momentum ini mengingat situasi saat ini yang perlahan membaik,” ujar Chantika kepada Kontan.co.id, Rabu (6/10).

Hal lain yang perlu dicermati yakni rencana kenaikan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 11%. Kata Chantika, kenaikan PPN ini dapat menekan daya beli masyarakat, terlebih saat ini kondisinya juga belum pulih sepenuhnya.

Baca Juga: Ini rekomendasi saham Mitra Adiperkasa (MAPI)

Akan tetapi, ia berharap sektor retail masih bisa membukukan kinerja yang lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Terlebih, sambungnya, sekarang ini emiten retail menjalankan program efisiensi dan juga meningkatkan penjualan online.

Dari sektor ini, Chantika menyematkan rekomendasi overweight untuk MAPI dengan target harga sebesar Rp 825. Dia bilang MAPI memiliki inisiatif dan strategi untuk memperluas portfolio produk yang bisa mengerek kinerja emiten.

Dia juga merekomendasikan buy untuk saham ERAA dengan target harga Rp 850 per saham. Rekomendasi ini berdasarkan permintaan yang tinggi terhadap produk-produk yang dibutuhkan untuk work-from home dan stay at home.

Baca Juga: Dikabarkan akan tambah modal, saham Matahari Putra Prima (MPPA) justru turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×