kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.564.000   4.000   0,26%
  • USD/IDR 16.305   -35,00   -0,22%
  • IDX 7.080   122,90   1,77%
  • KOMPAS100 1.053   23,69   2,30%
  • LQ45 827   25,88   3,23%
  • ISSI 213   1,79   0,85%
  • IDX30 425   13,62   3,31%
  • IDXHIDIV20 508   17,23   3,51%
  • IDX80 120   2,84   2,41%
  • IDXV30 124   2,46   2,02%
  • IDXQ30 140   4,41   3,25%

Daya beli masyarakat masih belum pulih, Unilever (UNVR) perkuat Inovasi


Kamis, 29 April 2021 / 20:36 WIB
Daya beli masyarakat masih belum pulih, Unilever (UNVR) perkuat Inovasi
ILUSTRASI. Unilever


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemulihan Ekonomi Indonesia sudah berada pada jalur pertumbuhan positif, ditandai berbagai perbaikan. Namun sejumlah kalangan menilai perbaikan akan terjaga ketika mampu menangani pandemi dengan lebih baik.

Adapun sektor FMCG yang cenderung membaik, juga menjadi bukti berbagai perusahaan tetap mampu menjaga kinerja di tengah pandemi.

Ekonom senior yang juga dosen Institut Perbanas, Piter Abdullah, menilai kinerja emiten FMCG yang masih positif memang tidak bisa dijadikan acuan bahwa performa bisnis sudah kembali positif. Secara umum sektor produk konsumen masih terdampak pandemi.

Kata Piter, perekonomian pulih jika keseluruhan indikator ekonomi sudah membaik, dan daya beli konsumen kembali pada titik semula.

"Sektor industri khususnya terkait FMGC yang memang masih terdampak oleh pandemi meski sebagian besar poduknya adalah kebutuhan dasar masyarakat yang tetap dibeli walaupun terjadi pandemi. Meski begitu, tingkat penjualannya masih cukup baik meski secara tren menurun dan mampu menutup biaya operasional, namun dengan pertumbuhan harga masih bisa mencetak laba" ujar Piter dalam keterangannya, Kamis (29/4).

Baca Juga: Kapitalisasi pasar IHSG naik 2,11% dari awal tahun 2021

Ia mengingatkan, perekonomian belum akan pulih selama pandemi masih berlangsung. Perbaikan beberapa indikator memang terjadi tetapi masih berpotensi kembali memburuk apabila pandemi mengalami gelombang kedua.

Karena itu, menjadi penting untuk menjaga agar pandemi tidak memburuk sekaligus perusahaan melakukan adaptasi inovasi.

Di sisi lain, momen hari raya saja diharapkan akan menjadi pemicu kenaikan pertumbuhan konsumsi daya beli sehingga perlu dikelola  dengan cermat oleh seluruh pemangku kepentingan.

 



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×