kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Emiten Ini Siap Tebar Dividen di Juli, Cermati Strategi Agar Tetap Cuan


Minggu, 30 Juni 2024 / 19:36 WIB
Sejumlah Emiten Ini Siap Tebar Dividen di Juli, Cermati Strategi Agar Tetap Cuan
ILUSTRASI. Warga berbelanja di sebuah supermarket di Depok, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). Ini Strategi Cuan Menadah Guyuran Dividen di Juli 2024.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi investor yang ketinggalan dividen di bulan Juni kemarin tak perlu khawatir. Pasalnya, musim pembagian dividen masih berlanjut sampai Juli 2024. Jumlahnya pun bervariasi dari miliaran hingga triliunan. 

Teranyar, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mengantongi rencana pembagian dividen dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat (28/6). 

ICBP akan membayarkan dividen senilai Rp 2,33 triliun atau Rp 200 per saham. Sementara induknya, INDF akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 2,34 triliun atau setara dengan Rp 276 setiap sahamnya. 

Baca Juga: Kinerja Industri Telekomunikasi Positif, Cermati Rekomendasi Saham TBIG, MTEL & TOWR

Dividen jumbo juga dibagikan oleh PT FKS Multi Agro Tbk (FISH) sebesar Rp 340 per saham. Secara keseluruhan, FISH menyisihkan dana Rp 163,2 miliar dari laba bersih tahun buku 2024. 

Selain ketiga emiten itu, masih ada rencana pembagian dividen dari sekitar 50 emiten. Untuk itu investor perlu cermat memilih emiten dan dividen yang menarik dan prospektif. 

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus menyarankan selain mengincar dividen, investor harus tetap mencermati fundamental emitennya. 

 

"Ini menjadi salah satu poin penting untuk menghindari dividend trap. Apalagi seringkali harganya mengalami penurunan ketika tanggal recording date selesai," jelas dia kepada Kontan, Minggu (30/6). 

Baca Juga: Kasih Yield 10,43%, Ini Jadwal Pembayaran Dividen Colorpak (CLPI)

Setelah memastikan fundamental bagus, investor bisa memilah dividen berdasarkan besaran dividend yield. Menurut Nico, investor bisa mencari saham bisa memberikan dividend yield di atas 5%. 

Jika menggunakan harga penutupan Jumat (28/6), ada beberapa emiten yang menawarkan dividend yield jumbo. Di antaranya, PT Colorpak Indonesia Tbk (CLPI) dengan dividend yield di kisaran 10,43%. 

Kemudian pembagian dividen dari PT Panin Sekuritas Tbk (PANS) dengan estimasi dividend yield 9,60%. Lalu dividend yield dari PT Asuransi Dayin Mitra Tbk (ASMD) sebesar 7,84%. 




TERBARU

[X]
×