kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,02   -7,36   -0.74%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SCNP bentuk usaha patungan di bidang perdagangan peralatan listrik rumah tangga


Kamis, 01 Oktober 2020 / 10:17 WIB
SCNP bentuk usaha patungan di bidang perdagangan peralatan listrik rumah tangga
ILUSTRASI. Komisaris dan Direksi PT Selaras Citra Nusantara Tbk (SCNP) saat pencatatan perdana saham di BEI, Senin (7/9/2020)


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) bersama dengan Christ Baby Kusmanto telah mendirikan usaha patungan yaitu PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia, Senin (28/9). 

"Selaras Turbo Elektronik memiliki kegiatan usaha utama bergerak di bidang perdagangan peralatan listrik rumah tangga," tulis Sekretaris Perusahaan Selaras Citra Nusantara Perkasa Tumpal Sihombing dalam keterbukaan informasi, Rabu (30/9).

Perusahaan patungan tersebut didirikan dengan modal dasar senilai Rp 2 miliar yang terbagi dalam 2000 lembar saham. Nilai nominal per lembar saham yaitu Rp 1 juta. 

Baca Juga: Tawarkan penukaran dua obligasi, Fitch Ratings pangkas peringkat Alam Sutera (ASRI)

SCNP menempatkan dan menyetor 1.999 lembar saham yang merupakan bagian dari 99,5% seluruh saham Selaras Turbo Elektronik atau senilai Rp 1,99 miliar. Sedangkan Christ Baby Kusmanto menempatkan dan menyetor satu lembar saham atau merupakan bagian dari 0,05% saham Selaras Turbo Elektronik senilai Rp 1 juta. 

Dus, SCNP akan menjadi pemegang saham pengendali PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia. Tujuan utama pendirian perusahaan patungan tersebut adalah membentuk anak usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan termasuk kegiatan ekspor dan impor atas peralatan listrik rumah tangga.  

Sehingga SCNP, sebelum memutuskan untuk memproduksi setiap produk jadi, memiliki opsi untuk dapat mengimpor produk jadi, menjualnya secara langsung kepada pihak ketiga, kemudian menilai tanggapan dan tingkat penerimaan pasar terhadap produk jadi tersebut. Di mana hal ini tidak dapat dilakukan oleh perusahaan manufaktur, kecuali apabila perusahaan manufaktur telah memiliki izin khusus terlebih dahulu dari instansi terkait. 

Baca Juga: BEI kantongi delapan calon emiten dan 10 penerbitan surat utang

Dengan aksi ini, SCNP akan memiliki dua entitas anak yaitu PT Selaras Donlim Indonesia yang bergerak dalam bidang industri komponen plastik dan peralatan listrik rumah tangga serta PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia. 

Selanjutnya: Simak jadwal pembagian dividen interim United Tractors (UNTR) dan Astra (ASII)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×