kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samin dan Bakrie akhirnya berpisah


Kamis, 11 Juli 2013 / 08:00 WIB
Samin dan Bakrie akhirnya berpisah
ILUSTRASI. Tribunnews/Herudin


Reporter: Yuwono Triatmodjo, Agustinus Beo Da Costa, Veri Nurhansyah Tragistina | Editor: Yuwono Triatmodjo

JAKARTA. Skema perpisahan Grup Bakrie dengan Samin Tan di Bumi Plc akhirnya kian benderang. Samin Tan mengatakan akan membeli 23,8% saham Bumi Plc milik Grup Bakrie. Perpisahan ini adalah prasyarat agar proposal Grup Bakrie untuk berpisah dengan Bumi Plc bisa dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bumi Plc.

Selama ini, Grup Bakrie (PT Bakrie & Brothers Tbk dan Long Haul Holding) tergabung bersama PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk (BORN) memiliki 47,6% saham Bumi Plc lewat dua special purpose vehicle (SPV) sejak akhir 2011. Kedua SPV itu adalah Borneo Bumi Energi & Metal Pte Ltd (BBEM) dan Bumi Borneo Resources Pte. Ltd (BER). Grup Bakrie memiliki 51% saham BER dan 49% saham BBEM. Sebaliknya, BORN mengapit 51% saham BBEM dan 49% saham BER.

Masing-masing pihak lantas menguasai 23,8% saham Bumi Plc, lewat dua SPV itu. Apa yang dilakukan Samin Tan sebagai pemilik BORN, menjadi jalan keluar bagi Grup Bakrie untuk hengkang dari Bumi Plc.

Samin Tan akan membeli 23,8% saham Bumi Plc milik Grup Bakrie. "Saya akan bayar," terang Samin dalam pesan singkatnya kepada KONTAN, kemarin (10/7). Samin bilang, dengan transaksi itu, dirinya kelak akan menguasai 47,6% saham Bumi Plc.

Di saat yang sama, Bumi Plc di situsnya menyebut transaksi tersebut adalah transaksi pemisahan (separation transaction) antara Borneo dan Grup Bakrie. Tapi, Bumi Plc tak menyebut nilai transaksi itu dan hanya mengatakan kemungkinan Grup Bakrie akan memboyong kembali 29,2% saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dalam bentuk tunai, senilai kurang lebih US$ 500 juta.

Jumlah itu terdiri dari US$ 278 juta untuk membayar 18,9% saham BUMI milik Bumi Plc. Sisanya, untuk menebus 10,3% saham BUMI yang semula akan ditukar dengan 23,8% saham Bumi Plc.

Direktur Eksekutif Non Independen Bumi Plc, Amir Sambodo membenarkan kabar ini. "Sudah disampaikan (rencana itu) kepada board Bumi Plc. Pak Samin akan memakai Borneo Group yang merupakan afiliasi BORN," terang Amir kepada KONTAN.

Nathaniel Rothschild menyebut, transaksi itu melanggar peraturan pengambil alihan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×