kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham BJBR bisa jadi salah satu pilihan saham bank menengah


Selasa, 31 Agustus 2021 / 08:10 WIB
Saham BJBR bisa jadi salah satu pilihan saham bank menengah


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham perbankan kembali unjuk gigi. Sejumlah saham dengan kapitalisasi pasar di atas Rp 100 triliun atawa big caps mendominasi daftar penggerak IHSG sepanjang bulan ini.

Pulihnya kinerja perbankan menjadi faktor utama posisi tersebut. Namun, prospek cerahnya kinerja bank tidak hanya didominasi oleh empat bank besar, tapi juga bank menengah.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) misalnya. Sepanjang semester pertama tahun ini, BJBR mampu menjaga non-performing loan (NPL) di bawah 1,6%. Bahkan, 2020 ketika awal pandemi terjadi, BJBR berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih hingga 8%.

Baca Juga: Nilai transaksi sebagian saham-saham BUMN ini turun, simak rekomendasi analis

Analis Senior CSA Research Institute, Reza Priyambada menyebut, pada periode semester pertama 2021, kredit KPR bank BJBR tercatat meningkat 12,5% secara tahunan menjadi Rp 7,2 triliun, dari sebelumnya Rp 6,4 triliun.

"Kinerja BJBR didukung dengan permintaan kredit dari masyarakat dinilai baik. Itu baru dari pertumbuhan KPR, belum dari penyaluran kredit untuk usaha dan lainnya sehingga memberikan tambahan kinerja pada BJBR," ujar Reza, Senin (30/8).

Menurutnya, dengan masuknya BJBR ke dalam era digitalisasi dapat menambah persaingan di industri perbankan. "Dari persaingan yang sehat di mana nantinya masyarakat yang akan merasakan manfaatnya," kata Reza. 

 

Harga BJBR pun saat ini masih cukup menarik di level saat ini Rp 1.250 per saham. Dia berharap, digitalisasi dapat menarik masyarakat sehingga sebaran nasabah BJBR pun kian bertambah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja BJBR.

Andrey Wijaya, analis RHB Sekuritas memperkirakan, BJBR bakal menjadi salah satu bank menengah yang mampu mencapai pertumbuhan kredit di atas rata-rata.

Saham BJBR menjadi salah satu saham pilihan Andrey. Dia merekomendasikan buy saham ini, dengan target harga Rp 1.900 per saham.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham BJBR usai mencatatkan kinerja apik pada semester I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×