kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham Alfa Energi Investama (FIRE) dalam pengawasan BEI


Senin, 28 September 2020 / 21:32 WIB
Saham Alfa Energi Investama (FIRE) dalam pengawasan BEI
ILUSTRASI. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan gawainya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan tengah mengawasi perdagangan saham PT Alfa Energi Investama (FIRE) Tbk, Jumat (25/9).

BEI menginformasikan telah terjadi peningkatan harga saham FIRE yang di luar kebiasaan atau Unusual Market Activity (UMA).

"Perlu kami sampaikan bahwa bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," jelas Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M. Panjaitan dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy seperti yang tertulis dalam pengumuman BEI, Jumat (25/9).

Mengutip data dari RTI Business, saham FIRE memang menguat selama beberapa waktu terakhir. Saham  FIRE tercatat meningkat 77,46% selama sepekan tekahir, menjadi Rp 252 pada penutupan perdagangan hari ini Senin (28/9). Adapun peningkatan signifikan telah terjadi pada tiga bulan terakhir, mencapai 125%.

Baca Juga: Saham Koleksi Asabri dan Jiwasraya Naik Gila-gilaan Pekan Lalu

Walau sahamnya menunjukan penguatan beberapa waktu belakangan, saham FIRE tercatat masih melemah 22,70% jika dilihat sejak awal tahun atau year to date (ytd).

Pengumuman UMA memang tidak serta merta menunjukan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal. Akan tetapi, investor diminta tetap mencermati kinerja FIRE dan keterbukaan informasinya. Selain itu, investor bisa memperhatikan jawaban FIRE atas permintaan konfirmasi Bursa;

Pihak bursa juga mengharapkan investor untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi. Termasuk, mengkaji kembali rencana corporate action  FIRE apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS.

Baca Juga: Alfa Energi (FIRE) menyisakan dana buyback saham Rp 4,7 miliar

Adapun dalam website BEI, informasi terakhir mengenai FIRE tercatat pada 15 September 2020, mengenai laporan informasi atau fakta material dampak pandemi Covid-19.

Sekadar informasi, pengumuman UMA ini bukan kali pertama bagi saham FIRE. Sebelumnya, pada  23 Desember 2019, BEI juga mengumumkan tengah mengawasi saham FIRE. 

Adapun perdagangan sahamnya juga sempat dihetikan sementara (suspensi) di pasar reguler dan tunai pada  3 Januari 2020 dalam rangka cooling down.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×