kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rupiah menembus Rp 13.999 per dolar, pasar respon positif nama-nama calon menteri


Selasa, 22 Oktober 2019 / 13:58 WIB

Rupiah menembus Rp 13.999 per dolar, pasar respon positif nama-nama calon menteri
ILUSTRASI. Pekerja menghitung uang Dollar Amerika Serikat dan Rupiah di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta, Kamis (28/3/2019). Pada penutupan perdagangan, Rupiah menjadi salah satu mata uang dengan kinerja terburuk di kawasan Asia setelah ditutup melemah 0,25 p

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah semakin berotot menembus level di bawah Rp 14.000 per dolar Amerika Serikat (AS), Selasa (22/10). Mengutip Bloomberg pukul 13.50 WIB, rupiah pasar spot ke Rp 13.999 per dolar AS atau menguat 0,58%.

Senada, rupiah pada Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pada level Rp 14.058 per dolar Amerika Serikat (AS), atau menguat 0,52% dari posisi kemarin.

Baca Juga: Sri Mulyani tetap jadi Menteri Keuangan, pasar tunggu pengumuman kabinet lengkap

Mata uang Garuda ini telah menguat empat hari berturut-turut. Sekaligus memimpin penguatan mata uang regional.

Melansir dari Reuters, pasar sepertinya merespons positif sejumlah nama yang bakal menempati posisi menteri Kabinet Kerja jilid II Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Sri Mulyani kembali ditunjuk jadi Menkeu, rupiah terus menguat ke Rp 14.038

Di antaranya, Jokowi meminta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk bergabung masuk dalam kabinet barunya. Melengkapi muka-muka baru seperti pendiri Gojek Nadiem Makarim serta mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan Erick Thohir.

Di sisi lain, pasar juga tengah menanti keputusan Bank Indonesia (BI) perihal kebijakan suku bunganya pada Kamis (24/10). Dalam jejak pendapat Reuters, mayoritas pelaku pasar mengharapkan BI memangkas suku bunga untuk bulan keempat berturut-turut.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×