kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah melemah tipis di awal pekan, berikut pemicunya


Senin, 14 Oktober 2019 / 16:53 WIB
Rupiah melemah tipis di awal pekan, berikut pemicunya
ILUSTRASI. Rupiah ditutup melemah tipis di akhir perdagangan Senin (14/10).


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata uang rupiah lemah tipis di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) pada awal pekan, Senin (14/10). Hasil pertemuan antara AS dan China akhir pekan lalu tampaknya tak berdampak besar bagi pergerakan rupiah hari ini.

Mengutip Bloomberg, kurs rupiah ditutup di level Rp 14.140 per dolar AS, melemah 0,01% dibanding akhir pekan lalu yang ada di Rp 14.138 per dolar AS.

Sementara itu, rupiah di kurs tengah Bank Indonesia ada di Rp 14.126 per dolar AS, menguat 0,09% dibanding akhir pekan lalu yang ada di Rp 14.139 per dolar AS.

Baca Juga: Seharian di zona hijau, rupiah hari ini ditutup melemah ke Rp 14.140 per dolar AS

Analis Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan menyampaikan, pasar seperti skeptis terhadap hasil pertemuan AS dan China yang terbilang positif. Menurutnya, hal ini membuat pasar tak terlalu terpengaruh dengan hasil tersebut sehingga mata uang rupiah terkoreksi. "Pasar tidak terlalu euforia dengan hasil tersebut," ujar Yudi.

Selain itu, Yudi bilang dolar AS pada hari ini mengalami rebound setelah pekan lalu sempat tertekan. Ia berpendapat hal ini menekan peluang rupiah untuk bisa menguat.

Dari domestik, pasar juga menanti kabinet yang akan disusun oleh presiden terpilih Joko Widodo. Dari susunan kabinet tersebut, pasar akan melihat apakah menteri yang dipilih sesuai ekspektasi atau tidak. "Pasar masih mau lihat apa yang akan dilakukan presiden Jokowi terkait susunan kabinetnya," ujar Yudi.

Dengan sentimen yang sama, Yudi menilai rupiah masih berpotensi melemah pada esok hari. Sentimen tersebut ditambah dengan kekhawatiran pasar terhadap kesepakatan Brexit yang belum juga tercapai. 

Baca Juga: Rupiah menguat tipis menyambut kesepakatan awal AS-China

"Mungkin kesepakatan dalam Brexit masih membutuhkan waktu yang cukup lama," jelas Yudi.

Yudi memperkirakan rupiah akan berada di kisaran Rp 14.100 - Rp 14.170 per dolar AS pada esok hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×