kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rothschild tak percaya investigasi Macfarlanes


Jumat, 18 Januari 2013 / 20:31 WIB
Rothschild tak percaya investigasi Macfarlanes
ILUSTRASI. Tanaman dalam Ruangan


Reporter: Agustinus Beo Da Costa | Editor: Edy Can


JAKARTA. Nathaniel Rothschild tak lagi mempercayai investigasi yang dilakukan Macfarlanes LPP terhadap transaksi di Bumi Plc. Dia telah mengirimkan surat ketidakpercayaan kepada Bumi Plc, Kamis (16/1).

Juru bicara Rothschild, Conal Walsh beralasan investigasi tersebut telah diintervensi dan disensor oleh Bumi Plc. Seperti diketahui, Macfarlanes LPP memulai penyelidikan pada September 2012 lalu. Firma hukum berbasis di London ini mengusuttransaksi yang tidak biasa pada beberapa anak perusahan Bumi yang beroperasi di Insonesia.  

Rothschild menduduh beberapa direktur dan pihak perusahan telah membocorkan informasi sepihak dan menyesatkan tentang temuan Macfarlanes. Tujuannya untuk mendiskreditkan Nat secara personal dan NR Investment.

"Pada saat yang sama Bumi Plc tidak fokus pada pertanyaan utama dari investigasi Macfarlanes tentang dugaan penyimpangan keuangan pada salah satu anak perusahannya dan hilangnya ratusan juta dollar aset perusahan," ujar Walsh dalam rilisnya kepada KONTAN, umat ( 18/1).

Kata Walsh, NR Investment melalui Senior Independent Director Julian Horn -Smith sudah meminta perusahaan membuat satu copi laporan akhir penyelidikan Macfarlanes. Dia mengatakan, semua surat menyurat dan komunikasi antara perusahan dengan firma hukum itu dan mempublikasikan hasil investigasi.

NR Investment juga meminta Bumi Plc setelah berkomunikasi dengan investor minoritas mengangkat pengacara independen untuk meninjau ulang semua hal yang berhubungan dengan investigasi dan laporan Macfarlanes. "Dengan begitu pemegang saham minoritas mendapatkan informasi dan kepercayaan pada temuan-temuan Macfarlanes yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pada Rapat Umum Pemegang Saham Bumi Plc yang akan datang," kata Walsh.

Hingga kini, Juru bicara Bumi Plc Edward Simpkins belum menanggapi pernyataan Rothschild. Sementara itu, Juru bicara Bakrie Group Chris Fong mengatakan, Bumi Plc belum merilis detil laporan Macfarlanes kepada pemegang saham. Karena itu, dia mengaku bingung bagaimana Rothschild bisa mengajukan tuntutan review atas laporan Macfarlanes.

Asal tahu saja,  Kamis (17 /1) Bumi Plc , perusahan investasi yang didirikan oleh Nat Rothschild dan keluarga Bakrie mengadakan pertemuan dewan direksi untuk mendikusikan temuan-temuan penyelidikan firma hukum Macfarlanes atas kemungkinan penyimpangan  keuangan sebagaimana dilaporkan oleh Blooemberg. Hingga kini Bumi Plc belum merilis hasil pertemuan  tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×