kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rotasi Bursa: 10 Saham Naik ke Papan Utama, 109 Saham Turun ke Papan Pengembangan


Jumat, 24 Mei 2024 / 10:48 WIB
Rotasi Bursa: 10 Saham Naik ke Papan Utama, 109 Saham Turun ke Papan Pengembangan
ILUSTRASI. BEI merealisasikan mekanisme pemindahan papan pencatatan.KONTAN/Cheppy A. Muchlis/23/04/2024


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) merealisasikan mekanisme pemindahan papan pencatatan. Perubahan penempatan papan pencatatan dalam evaluasi kali ini akan berlaku sejak 31 Mei 2024.

Masa efektif itu akan berlaku sepanjang tidak ada hal tertentu yang mempengaruhi keputusan perpindahan papan sesuai dengan Peraturan Bursa. 

"Jika terdapat hal/peristiwa tertentu yang terjadi pada Perusahaan Tercatat sebelum tanggal efektif perpindahan papan, Bursa berwenang melakukan perubahan atas pengumuman ini," ungkap keterbukaan informasi, Kamis (23/5).

Keputusan ini diterbitkan tertanggal 22 Mei 2024, dengan menyertakan tanda tangan dari Kepala Divisi Penilaian Perusahaan I Adi Pratomo Aryanto, P.H. Kepala Divisi Penilaian Perusahaan II Hendra Ahmad Hidayat, Kepala Divisi Penilaian Perusahaan III Lidia M. Panjaitan, dan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan Pande Made Kusuma Ari A. 

Baca Juga: BEI Evaluasi Papan Pencatatan, Begini Syarat Emiten Supaya Tetap di Papan Utama

Dalam pengumuman bursa terkait perpindahan papan pencatatan ini, terdapat 10 emiten yang naik kasta dari papan pengembangan ke papan utama. Mereka adalah:

1. PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA)

2. PT Berdikari Pondasi Perkasa Tbk (BDKR)

3. PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM)

4. PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC)

5. PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI)

6. PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR)

7. PT Mulia Industrindo Tbk (MLIA)

8. PT Trans Power Marine Tbk (TPMA)

9. PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU)

10. PT Venteny Fortuna International Tbk (VTNY)

Sementara itu, ada 109 emiten yang mengalami perpindahan papan dari Papan Utama ke Papan Pengembangan. Di antaranya, PT Acset Indonusa Tbk (ACST), PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP), PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF), PT Samator Indo Gas Tbk (AGII), PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT).

Baca Juga: Belajar dari Skandal di India, Seleksi Saham Papan Akselerasi Harus Diperketat

Kemudian ada PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX),  PT Archi Indonesia Tbk (ARCI), PT Bank Permata Tbk (BNLI), PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO), PT Goodyear Indonesia Tbk (GDYR), PT Gozco Plantations Tbk (GZCO).

Selanjutnya ada PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM), PT Kino Indonesia Tbk (KINO), PT Multipolar Technology Tbk (MLPT), PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY), PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA), PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA).

Daftar emiten lain yang turun dari papan utama ke papan pengembangan antara lain PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT), PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN), PT Perintis Triniti Properti Tbk (TRIN), PT Transkon Jaya Tbk (TRJA), PT Voksel Electric Tbk (VOKS), PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Sebagai informasi, perpindahan papan pencatatan ini mengacu pada regulasi BEI. Antara lain pada Surat Keputusan Direksi Bursa Efek Indonesia nomor Kep-00101/BEI/12-2021 pada tanggal

21 Desember 2021 perihal Perubahan Peraturan nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat.

"Bursa berwenang untuk melakukan penilaian atas pemenuhan persyaratan dan perpindahan papan yang dilakukan setiap bulan Mei dan November," tegas keterbukaan informasi tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×