kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45988,75   -13,63   -1.36%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Restrukturisasi utang, Waskita Karya (WSKT) targetkan kesepakatan tercapai kuartal IV


Rabu, 13 Januari 2021 / 07:40 WIB
Restrukturisasi utang, Waskita Karya (WSKT) targetkan kesepakatan tercapai kuartal IV


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) akan mengajukan restrukturisasi atas sebagian utangnya kepada para kreditur. Kewajiban yang bakal dimintakan persetujuan restrukturisasi dari kreditur antara lain fasilitas modal kerja dan pinjaman investasi.

Senior Vice President Corporate Secretary Waskita Karya Ratna Ningrum mengatakan, restrukturisasi keuangan ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi keuangan dan arus kas akibat adanya pandemi Covid-19 dan mismatch pendanaan. "Waskita menargetkan kesepakatan dengan seluruh kreditur dapat diperoleh pada kuartal 4 tahun ini," kata Ratna saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (12/1).

Kini, Waskita sedang mematangkan rencana restrukturisasi dengan mempertimbangkan kondisi keuangan saat ini. Proposal restrukturisasi keuangan final diharapkan dapat disampaikan pada bulan Januari 2021.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (11/1), untuk melancarkan restrukturisasi keuangan ini, Waskita membuka diskusi untuk beberapa opsi. Opsi tersebut meliputi namun tidak terbatas pada rencana divestasi anak usaha dan penerbitan surat utang dengan skema penjaminan serta mengikuti program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan kriteria yang dapat dipenuhi perusahaan.

Baca Juga: Penjelasan Waskita Karya (WSKT) soal influencer yang promosikan saham

Selama proses restrukturisasi keuangan dan sebagai upaya pemenuhan kewajiban, Waskita akan melakukan negosiasi dengan masing-masing kreditur agar memberikan relaksasi kewajiban pembayaran baik yang telah jatuh tempo dan akan jatuh tempo. Negosiasi yang dilakukan juga terkait dengan pemenuhan ketentuan rasio keuangan serta ketentuan lain dalam perjanjian kredit.

Berdasarkan laporan keuangan Waskita per 30 September 2020, rasio utang berbunga terhadap ekuitas Waskita adalah sebesar 2,90 kali. Besaran tersebut nyaris mendekati rasio utang maksimal yang diatur dalam covenant, yakni sebesar 3,00 kali. "Waskita yakin dengan dilakukannya restrukturisasi keuangan dan perbaikan kinerja secara keseluruhan, rasio keuangan dapat membaik di masa mendatang," ucap Ratna.

Sebagai informasi, per September 2020, total liabilitas Waskita Karya adalah sebesar Rp 91,86 triliun, terdiri dari utang jangka pendek Rp 38,79 triliun dan utang jangka panjang Rp 53,07 triliun. Sementara itu, total ekuitas Waskita Karya adalah sebesar Rp 23,77 triliun.

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) menggarap pembangunan pembangkit listrik Terregra (TGRA)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 Financial Modeling Fundamental

[X]
×