kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.935
  • EMAS714.000 1,28%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Resmi melantai, saham Bali Bintang (BOLA) memantul 69,14%


Senin, 17 Juni 2019 / 11:00 WIB

Resmi melantai, saham Bali Bintang (BOLA) memantul 69,14%
Pencatatan perdana saham BOLA di BEI

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (BOLA) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (17/6). Melalui penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO), perusahaan sepak bola Bali United ini memperoleh dana segar hingga Rp 350 miliar.

Pada perdagangan hari perdana, harga saham BOLA sempat melonjak 69,14% ke Rp 296 per saham dari harga IPO sebesar Rp 175 per saham.


BOLA menawarkan 2 miliar saham yang setara dengan 33,33% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Dalam pencatatan saham ini, BOLA menunjuk PT Kresna Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Dari dana IPO ini, Bali United akan menggunakan 60,5% dana IPO untuk modal kerja. Antara lain untuk merekrut pemain dan pelatih yang profesional, penyelenggaraan event serta operasional klub, megastore , dan akademi sepak bola. Kemudian, sebanyak 20,4% akan digunakan untuk penguatan struktur permodalan entitas anak.

Terakhir, sebanyak 19,1% akan digunakan untuk belanja modal. Secara rinci, dana tersebut bakal diperuntukkan bagi pengembangan fasilitas dan peralatan di stadion, pengembangan fasilitas latihan dan akademi, serta ekspansi outlet Bali United Store dan Playland.

Dana ini juga akan digunakan untuk pengembangan teknologi informasi berupa aplikasi dan program customer relationship management (CRM) untuk fans.

Sebagai informasi, perusahaan ini memiliki Bali United Merchandise Store yang memiliki satu megastore dan 19 toko kecil di Bali. Bali United juga memiliki Playland, yakni penyedia area bermain anak di stadion. Bali United juga memiliki Bali United Academy dengan siswa mulai dari usia enam hingga 19 tahun.

Tak hanya itu, Bali United juga mempunyai saluran televisi Bali United TV, yakni saluran TV streaming online untuk penggemar klub yang dapat diakses via YouTube dan Oona TV. Bali United juga memiliki Bali Boga Sejahtera yang mengelola Bali United Cafe.

Klub sepakbola ini juga mempunyai PT Kreasi Karya Bangsa yang mengoperasikan agensi olahraga dan pemasaran, memberikan sponsor klub sepakbola di Indonesia, memutar video langsung streaming pertandingan sepakbola dan video sponsor iklan.

Di bidang media lain, Bali United memiliki Radio Swara Bukit Bali Indah yang mengelola Bali United Radio. Bisnis lain perusahaan ini adalah eSports Club yang menggelar kompetisi e-sport domestik dan internasional. Bisnis ini dijalankan anak usahanya, yakni PT IOG Indonesia Sejahtera

CEO Bali United Yabes Tanuri mengatakan, dengan dilepasnya saham Bali United untuk umum, semakin banyak pihak yang mendukung tercapainya visi dan misi klub sepak bola ini.

"Kami ingin terus berinovasi baik di bidang sepak bola maupun industri olahraga dan hiburan secara luas," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan Bali United menjadi klub sepak bola pertama di Asia Tenggara yang melepas sahamnya ke publik melalui pencatatan saham di bursa.

"Kami harapkan perusahaan dapat terus menerapkan prinsip good corporate governance (GCG) yang mencakup aspek transparansi, independensi, responsibility, dan fairness dengan melakukan keterbukaan informasi kepada regulator dan publik," katanya.


Reporter: Nur Qolbi
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0689 || diagnostic_web = 0.2937

Close [X]
×